kaldu bubuk non msg

Membuat Kaldu Bubuk Non MSG

MSG yang merupakan singkatan dari Monosodium Glutamat adalah salah satu jenis bahan kimia yang sering kali ditemukan dalam berbagai jenis bumbu masakan, terutama pada kaldu, mecin atau penyedap rasa lainnya.
Senyawa MSG banyak digunakan untuk penyedap rasa karena dianggap mampu memberikan rasa umami (gurih) pada masakan. Sebenarnya MSG sendiri tidak memiliki rasa, tapi zat ini mampu menguatkan rasa yang ada pada masakan sehingga membuat masakan menjadi lebih nikmat dan gurih.
Selain terdapat pada bumbu dapur, MSG juga kerap ditemukan pada makanan ringan dan jajanan anak-anak. Padahal menurut aturan dari BPOM, MSG sebaiknya tidak diberikan pada makanan untuk anak di bawah umur 6 tahun. MSG sebenarnya bukanlah zat yang ilegal atau terlarang pada masakan. FDA telah menyatakan bahwa MSG aman dikonsumsi pada kadar tertentu. Meskipun demikian, Anda sebaiknya tetap membatasi penggunaan MSG pada masakan Anda karena kelebihan MSG dapat memicu berbagai macam penyakit seperti kegemukan, sakit kepala, keram, kejang otot dan sebagainya.
Selain itu, terlalu sering menggunakan MSG akan membuat lidah Anda menjadi terbiasa dan ketergantungan. Akibatnya, Anda sulit menikmati masakan yang tidak mengandung MSG. MSG juga dapat menambah nafsu makan, sehingga akan menyulitkan Anda yang sedang menjalankan diet Sebaiknya Anda menggunakan kaldu bubuk non MSG yang mampu menghadirkan rasa gurih dengan memakai bahan-bahan alami. Jika Anda sulit menemukannya, Anda bisa membuat kaldu bubuk
sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan dan peralatan dapur yang sederhana. Membuat kaldu bubuk non MSG tidaklah sulit. Berikut ini adalah cara membuatnya.
Siapkan beberapa jenis sayuran seperti wortel, seledri dan bawang bombay. Anda juga bisa menggunakan sayuran lainnya seperti bawang putih, daun basil, tomat, jamur dan sebagainya. Selain itu siapkan pula garam dengan jumlah sekitar 20% dari berat sayuran yang akan Anda gunakan. Penggunaan garam dapat membantu menjaga kaldu buatan Anda agar tetap tahan lama, serta terhindar dari jamur dan bakteri
Setelah bahan-bahan sayuran telah dibersihkan, rebuslah bersama garam dengan api kecil selama 2 jam. Teruslah mengaduk rebusan sayur Anda agar tidak hangus. Rebuslah sayuran tersebut hingga airnya menyusut dan mengering.
Setelah sayuran mulai kering, matikan api lalu letakkan pada loyang panggangan yang telah dilapisi dengan kertas roti. Kemudian panggang ke dalam oven selama 1 setengah jam dengan suhu 150 derajat celcius. Pastikan sayuran telah benar-benar kering dalam panggangan sebelum mengeluarkannya.
Setelah sayuran dipanggang, maka taruhlah dalam wadah datar untuk mendinginkannya. Setelah sayuran tersebut dingin, haluskanlah dengan menggunakan blender atau food processor. Jika tidak memiliki keduanya, Anda bisa menggunakan ulekan atau lesung. Pastikan sayuran kering tersebut dihaluskan hingga ukurannya benar-benar halus seperti bubuk kaldu yang biasa Anda gunakan.
Simpanlah kaldu bubuk non MSG buatan Anda dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara. Lalu letakkanlah pada suhu ruang di tempat yang sejuk dan kering. Dengan cara ini, kaldu bubuk buatan Anda dapat bertahan hingga 3 bulan. Tapi Anda harus selalu memastikan kaldu bubuk non MSG buatan Anda senantiasa dalam keadaan tertutup rapat setelah Anda gunakan agar awet dan tahan lama. Kaldu bubuk ini dapat Anda taburkan ke dalam berbagai masakan untuk menciptakan rasa umami. Sehingga masakan Anda akan tetap terasa lezat meskipun tanpa menambahkan MSG ke dalamnya.
Itulah cara membuat kaldu bubuk non msg di rumah Anda. Cara yang sangat sederhana ini dapat membantu Anda menjaga pola makan dan mengubah gaya hidup Anda dan keluarga menjadi lebih sehat.