Siapkan Menu Sehat Untuk Pemenuhan Gizi Anak

bayi prematurKekurangan gizi dan nutrisi bisa menjadi penghambat perkembangan anak seperti mudah sakit, kurangnya kemampuan berkonsentrasi, mudah lelah serta penglihatan yang buruk dan masih banyak lagi akibat dari kekurangan asupan bergizi lainnya. Alangkah sedihnya melihat anak yang tidak mampu bermain bersama teman-temannya atau kurang secara akademis di sekolahnya akibat kelelahan yang menyebabkan berkurangnya daya konsentrasi belajar mereka akibat tidak terpenuhinya Bayi Prematur yang sangat dibutuhkan bagi tubuhnya.

Waktu makan yang teratur juga menunjang asupan gizi ke dalam tubuh. Jangan pernah remehkan sarapan, anak membutuhkan energi yang besar untuk melakukan kegiatan dan jika tidak sarapan maka otak tidak memperoleh asupan gizi untuk berpikir. Hal ini bisa menyebabkan sulit konsentrasi, karena itu usahakan anak selalu sarapan sebelum melakukan aktifitas. Susu bisa jadi menu sarapan untuk anak karena merupakan minuman sehat terbaik baginya. Dalam segelas susu mengandung kalsium, kalium, dan seng menyumbangkan sedikit zat penting dalam Bayi Prematur. Memberikan karbohidrat yang cukup pada menu makanan juga penting karebohidrat menghasilkan kalori yang menjadi energi untuk beraktifitas, anak-anak senang bermain dan membutuhkan energi yang lebih besar dari orang dewasa.

Makanan pendamping lainnya yang juga penting dalam pemenuhan gizi adalah protein dan omega 3. Protein bisa didapatkan melalui telur, namun terlalu banyak mengkonsumsi telur beresiko dengan kolesterol karena itu masukkan menu telur hanya beberapa hari sekali saja. Omega 3 dan vitamin lainnya bisa didapatkan dari makanan laut seperti salmon atau ikan gindara yang kaya akan vitamin yang dibutuhkan untuk perkembangan otak. Jangan lupa untuk selalu menghadirkan sayuran dan buah dalam menu sehari-hari.