mengatasi gusi berdarah

Kenali Vitamin Untuk Gusi Berdarah

mengatasi gusi berdarahAnda mendapati gusi Anda sering berdarah? Boleh jadi Anda sedang mengalami gangguan kesehatan. Namun, tidak terbatas hanya pada gangguan kesehatan gigi dan mulut seperti penyakit gingivitis, gusi berdarah juga bisa jadi merupakan gejala dari gangguan kesehatan yang lainnya.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab gusi berdarah:

  • Gingivitis dan lubang pada gigi (cavity)
  • Hormon yang berubah selama proses kehamilan
  • Anemia
  • Sirosis
  • Pemfigoid
  • Gangguan dalam pembekuan darah
  • Defisiensi/kekurangan vitamin

Berhubung salah satu faktor penyebab gusi berdarah adalah defisiensi vitamin, kali ini kita akan membahas vitamin apa saja yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi gusi berdarah. Selain itu, kami akan menyebutkan juga sumber-sumber vitamin tersebut.

  • Vitamin A

Vitamin A memiliki peran dalam penjagaan keutuhan sel-sel epitel pembentuk jaringan gusi. Selain itu, vitamin A juga memiliki sifat antioksidan yang dapat mengatasi infeksi gusi dari dalam. Dengan mengkonsumsi vitamin A akan membuat gusi tetap sehat dan membantu menjaga air liur pada mulut. Beberapa sumber utama untuk vitamin A adalah wortel, mangga, ubi jalar, sayuran berdaun hijau, dan minyak ikan.

  • Vitamin B

Vitamin B kompleks adalah salah satu diantara vitamin yang berperan penting bagi kesehatan gigi dan mulut sebab vitamin B membantu pertumbuhan sel dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh termasuk gusi. Menurut sebuah penelitian, kekurangan vitamin B-12 dan B9 ada kaitannya dengan pendarahan gusi. Kekurangan vitamin B-9 menyebabkan risiko Anda terkena periodontitis meningkat, hal ini dapat didapati pada orang-orang yang merokok.

Sumber vitamin B yang bisa Anda temukan adalah pada makanan dari daging hewan, seperti daging ikan, sapi, ayam, telur, susu dan turunannya seperti keju, yoghurt, dan butter, termasuk juga kacang-kacangan dan sayur-sayuran seperti brokoli atau bayam.

  • Vitamin C

Gejala gigi bengkak, berdarah atau terasa nyeri bisa termasuk tanda bahwa tubuh Anda sedang kekurangan vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam produksi protein khusus pembentuk jaringan gusi yang disebut kolagen. Selain itu, vitamin C mampu mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Anda bisa memperoleh vitamin C dari berbagai sumber seperti buah-buahan semacam jeruk, semangka, nanas, kiwi, melon, tomat, stroberi, blueberry, raspberry, dan cranberry. Vitamin C juga dapat Anda temukan pada sayuran semacam brokoli, kentang, kembang kol, lobak, dan sayuran berdaun hijau lainnya seperti bayam dan kale. Janganlah memasak sayuran dalam jangka waktu yang terlalu lama sebab dapat menghancurkan kandungan vitamin C yang dimilikinya.

  • Vitamin K

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya gusi berdarah sebagaimana yang telah disebutkan diatas adalah gangguan pada pembekuan darah.  Vitamin K adalah vitamin yang berperan dalam proses pembekuan darah dan untuk menghentikan pendarahan berlebihan. Apabila Anda mengalami kekurangan vitamin K, pendarahan pada gusi sangat mungkin untuk terjadi.

Sumber vitamin K bisa Anda dapati pada berbagai sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, asparagus, lobak, kale, bayam, sawi, kangkung dan daun selada hijau. Anda juga dapat menemukannya pada buah-buahan seperti stroberi alpukat, plum, dan beri hitam atau biru. Susu dan produk olahannya juga dapat menjadi pilihan. Jika Anda ingin makanan hewani, Anda dapat mengkonsumsi telur, ikan tuna kalengan, hati, dan daging.

Ternyata vitamin-vitamin yang dapat berguna untuk mengatasi gusi berdarah dapat dengan mudah Anda temukan di sekitar Anda. Konsumsi vitamin tersebut supaya tubuh kita bisa lebih sehat dan terhindar juga dari berbagai penyakit lainnya.