gusi berdarah

Inilah 5 Cara Mengobati Gusi Berdarah

gusi berdarahMemiliki gigi yang sehat merupakan keinginan setiap orang. untuk itu, diperlukan perawatan gigi yang harus dilakukan secara teratur untuk mencegah timbulnya penyakit gigi. Tidak hanya gigi, gusi pun adalah bagian penting untuk diperhatikan. Jika tidak, bisa saja kamu mengalami gusi berdarah. Gusi berdarah adalah salah satu penyakit pada gusi yang dapat meluas ke penyakit mulut lainnya. Untuk menjaganya tetap sehat kamu dapat melakukan perawatan teratur dan melakukan diet bergizi untuk mengatasi gusi yang sering berdarah.

Lalu bagaimana jika kamu sudah terlanjur memiliki gusi yang berdarah dan merasakan rasa sakit? Jangan panik, segera lakukan tahapan-tahapan berikut ini:

Kompres Gusi Dengan Air Dingin

Kamu dapat memperlambat aliran darah yang mengalir keluar dengan air dingin. Caranya adalah dengan membeli atau membuat es batu, kemudian masukkan ke dalam baskom. Setelah itu kamu ambil kain atau handuk yang sebagai pembungkus es tersebut. Tempel es yang telah ditutup denga handuk ke rahang atau pipi terdekat dari gusi. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pertama ketika kamu baru sadar bahwa gusimu berdarah. Kemudian tekan ke arah gusi secara lembut hingga pendarahan berkurang atau hilang.

Ganti Bahan Dan Bentuk Sikat Gigi Serta Teknik Menggosoknya

Gantilah bahan sikat gigi yang lebih lembut dari sebelumnya dan memiliki ujung yang tumpul. Hal ini penting mengingat bahan sikat yang kasar dan lancip akan mudah sekali menyebabkan gusi tertusuk hingga berdarah. Alangkah lebih baik jika kamu membeli sikat gigi elektrik dengan kepala yang bisa berputar karena sikat gigi seperti ini lebih lembut untuk gigi dan gusi.

Selain mengganti bahan dari sikat gigi kamu juga harus mempelajari teknik menggosok yang benar. Karena apa gunanya bahan yang lembut dan tumpul jika kamu menggosok gigi pada gusimu dengan keras dan kasar. Karena mengggosok gigi dengan keras dapat merusak lapisan enamel serta jaringan gusi yang sensitif sehingga gusi menjadi merah, membengkak kemudian berdarah.

Bersihkan mulut secara maksimal

Kebersihan mulut sangat penting bagi semua orang apalagi bagi seseorang yang memiliki gusi berdarah. Segala upaya harus dilakukan seperti menggosok gigi lebih rutin lagi, membersihkan lidah hingga menggunakan benang gigi. Urutan kamu dalam membersihkan gigi adalah menggunakan benang gigi, menggosok gigi, dan terakhir membersihkan lidah.

Namun yang perlu diperhatikan ialah kamu harus hati-hati sekali dalam menggunakan benang lidah. Karena tidak sedikit orang yang menghentakkan benang di antara gigi. tindakan ini dapat membuat gusi iritasi kemudian gusi mengalami peradangan dan pendarahan. Sebelum menggunakan benang gigi kamu harus cari tau terlebih dahulu tata cara yang baik untuk membersihkan gigi menggunakan benang gigi.

Tingkatkan Kesehatan Gusi

Kesehatan gigi serta gusi dapat kamu tingkatkan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan tidak sehat. Kamu dapat mengkonsumsi makanan-makanan ber-vitamin C seperti jeruk, paprika, dan sebagainya. Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi juga adalah produk-produk olahan susu seperti susu, yoghurt, dan keju.

Berhenti Merokok

Rokok adalah benda buruk yang harus kamu hindari saat sehat apalagi saat mengalami gusi berdarah. Racun pada tembakau yang ada di dalam rokok dapat membuat gusi anda lebih rentan mengalami peradangan. Racun-racun ini juga mempengaruhi kekebalan tubuh orang yang mengidap gusi berdarah. Dokter Sandra Olivia mengatakan bahwa perokok berisiko 2,5 sampai 4 kali lebih tinggi terkena penyakit gusi bahkan ada yang menybutkan 7 kali. Dokter Sandra juga mengatakan bahwa Perokok juga 4 kali lebih mungkin mengembangkan penyakit gusi lanjut.

Untuk mengetahui lebih jauh silahkan kunjungi ahlinya TanyaPepsodent di cara ampuh mengatasi gusi berdarah.