memutihkan gigi dengan garam

Yuk ketahui, Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Gigi putih bersih tentu dambaan semua orang, namun setiap masa ke masa gigi mengalami perubahan warna dikarenakan banyak makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tapi, ada salah satu perawatan memutihkan gigi dengan baking soda. Yaa! Baking soda adalah bahan yang bisa memutihkan gigi lhoo. Baking soda dikenal dengan soda bikarbonat, karena mengandung bahan abrasif ringan yang efektif mengusir noda pada gigi yang disebabkan kopi, permen berwarna, teh, dan lainnya.

Baca Juga :

Langsung saja, dibawah berikut ini cara-cara memutihkan gigi dengan baking soda:

Permulaan

1. Baking soda dan air lemon

Campur ½ sendok teh baking soda dengan beberapa tetetasan air lemon ke dalam cangkir. Aduk bahan tersebut hingga menjadi pasta. Gunakan pasta gigi atau bisa juga jari untuk menggosok pasta tadi ke gigi lalu biarkan selama 2 menit. Sama seperti mencuci piring, mungkin harus kuat menggosoknya begitu pula ketika menggosokan pasta ke gigi.

  • Sebelum menggosokan pasta gigi dari campuran bahan tadi, keringkan permukaan gigi dengan kain kassa.
  • Jika ingin memutihkan gigi seluruhnya, celupkan sikat gigi ke dalam cangkir sampai bulu sikatnya terlapisi oleh pasta baking soda, kemudia sikatlah gigi.
  • Cara lainnya, celupkan sikat gigi yang sudah basah dan oleskan ke baking soda sampai serbuknya melekat pada bulu sikat. Hanya, baking soda akan terasa pekat.

2. Sikatlah gigi selama satu hingga dua menit

Sikatlah gigi seperti biasanya, fokuskan bulu sikat masuk seluruhnya ke dalam celah dan sela-sela gigi. Dihimbau jangan menyikat selama 2 menit karena baking soda adalah bahan abrasif ringan dan pada akhirnya dapat menggerus enamel gigi. Sikatlah gigi dengan cara vertikal.

  • Gunakan bulu sikat yang halus soft dan sikatlah dengan lembut.
  • Hati-hati! Baking soda rasanya kurang lezat.

3. Berkumur

Buanglah sisa-sisa baking soda kemudian kumurkan dengan air atau obat kumur, bilas juga sikat gigi sampai bersih. 

4. Lakukan dua hari sekali

Ulangi proses tadi selama dua hari sekali dengan baking soda ini dalam satu atau dua minggu. Kemudian akan terlihat perbedaan warna gigi jika sudah beberapa minggu.

  • Setelah beberapa minggu menyikat gigi dengan baking soda sehari dua kali, disini bisa mengurangi frekuensinya menjadi sekali atau dua kali seminggu. Sifat abrasif dalam kandungan baking soda dapat merusak enamel gigi jika sering digunakan.
  • Ketahui, bahwa menyikat gigi menggunaan baking soda bukan menjadi pilihan sebagai pengganti menyikat gigi biasa. Menyikat gigi secara biasa hanya mencegah pembentukan lubang, penumbunan plak, penyakit gusi, dan menjaga kesegaran nafas.
  • Sebelum melakukan hal ini, alangkah baiknya konsultasikan dahulu ke dokter untuk memastikan kesehatan gigi. Beberapa orang kurang mineral pada enamelnya menyebabkan perawatan ini memiliki efek samping pada giginya dari sifat abrasif.

Alternatif

Campur baking soda dan jus lemon atau jeruk limau

Baking soda dicampur dengan jus lemon atau jeruk limau karena kandungan asam sitrus pada buah-buahan ini berfungsi sebagai bahan pemutih yang efektif dan efisien.

Campur ½ sendok teh air perasan lemon atau jeruk limau. Sikatkan bahan campuran ke gigi dengan menggunakan sikat gigi, diamkan selama 1 menit kemudian bilas hingga bersih.

  • Perhatikan! Bahwa setiap dokter tidak merekomendasikan cara ini karena asam sitrus pada lemon dan jeruk limau bersifat korosif dan merusak gigi.

Demikian cara memutihkan gigi menggunakan baking soda, cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah, selamat mencoba!