memutihkan gigi dengan garam

Apakah Ada Cara Memutihkan Gigi Dengan Garam?

Gigi putih adalah salah satu perhiasan alami yang dimiliki oleh manusia. Walaupun gigi tidak terlihat dari luar, tapi menjaga gigi agar tetap putih sangat penting. Sebab, ketika Anda tersenyum, gigi Anda akan nampak. Gigi yang berwarna putih akan menambah kepercayaan diri Anda saat tersenyum. Sebaliknya jika warna gigi kuning atau gelap, akan terlihat kurang baik saat Anda tersenyum, bahkan dapat membuat Anda kurang pede atau jadi miskin senyum karena malu.

Penyakit gigi kuning dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

1. Konsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan gigi kuning

Makanan atau minuman memang termasuk kebutuhan primer, namun Anda harus selektif saat memilih makanan atau minuman karena beberapa makanan dapat menyebabkan gigi kuning seperti wine, kopi, teh, minuman berkarbonasi, buah berwarna terang, dan permen tertentu.

2. Buruknya kesehatan gigi karena kurang dijaga

Jarang atau bahkan tidak pernah menyikat gigi adalah salah satu penyebab gigi kuning. Sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi akan menjadi noda yang pada ujungnya menjadi gigi kuning atau karang gigi.

3. Kebiasaan merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang perlu Anda tinggalkan jika tidak ingin gigi Anda berwarna kuning. Sudah diketahui bahwa rokok mengandung banyak sekali senyawa dan bahan kimia yang bila dihisap akan dapat menempel pada permukaan gigi dan menyebabkan gigi berwarna kuning.

Baca Juga :

Dengan melakukan perawatan sebelum gigi menjadi kuning adalah cara yang lebih baik dibanding harus mengobati gigi yang sudah terlanjur berwarna kuning. Kadang-kadang, dalam memutihkan gigi kembali harus dilakukan dengan melakukan pengecekan dan konsultasi ke dokter, namun kita harus mengeluarkan biaya yang lumayan.

Beberapa cara mencegah gigi kuning antara lain:

1. Meningkatkan kebersihan gigi

Rajin menyikat gigi secara rutin akan sangat menjaga kebersihan gigi. Sikatlah gigi minimal 2 kali sehari.

2. Menggunakan sedotan

Menggunakan sedotan saat Anda minum jus, teh, atau minuman berkarbonasi dapat meminimalisir noda pada gigi dan mencegah gigi kuning.

3. Selektif dalam memilih makanan dan minuman

Sikap selektif dalam memilih makanan dan minuman terutama yang dapat menyebabkan gigi kuning sangat membantu dalam pencegahan gigi kuning.

Namun, jika Anda memiliki gigi yang terlanjur berwarna kuning dan sedang berusaha untuk memutihkannya kembali, Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk pergi ke dokter gigi. Anda bisa mencoba memutihkan gigi dengan bahan-bahan yang terdapat di sekitar Anda, bahkan yang ada di dapur Anda, yaitu dengan menggunakan buah-buahan dan sayur-sayuran. Lalu, bagaimana dengan garam?

Khasiat garam untuk pemutih gigi

Garam bagi sebagian orang dianggap dapat memutihkan gigi sehingga banyak cara menggunakan garam untuk memutihkan gigi. Akan tetapi hal tersebut kurang tepat, karena garam tidak bisa memutihkan gigi, tetapi garam bisa dipakai sebagai obat kumur agar Anda bisa terhindar dari bau mulut.

Sedangkan, bahan alami yang dipercaya dapat memutihkan gigi yaitu arang aktif, pasta stroberi, kulit pisang, dan kulit jeruk. Bagaimana caranya?

1. Arang aktif

Oleskan arang aktif pada sikat gigi seperti mengoleskan pasta gigi lalu digosokkan pada gigi dengan gerakan memutar.

2. Pasta stroberi

Anda cukup menghaluskan 1-3 stroberi matang berukuran besar lalu campur dengan setengah sendok teh baking soda kemudian oleskan pada sikat gigi. Gunakan pada gigi lalu tinggalkan selama 5 menit, setelah itu berkumurlah dengan air dan sikat gigi dengan pasta gigi biasa.

3. Jeruk

Kupas perlahan kulit jeruk kemudian gosokkan pada gigi. Biarkanlah selam 3-5 menit lalu berkumur dan sikatlah gigi sebagaimana biasa.

4. Pisang

Usapkanlah bagian dalam kulit pisang matang, biarkan selama 15 menit dan kumur lalu sikat gigi seperti biasa.

Nah, ternyata banyak cara untuk memutihkan gigi selain harus pergi ke dokter. Tentu saja pencegahan lebih baik daripada harus mengobati. Biasakanlah hidup sehat pada diri Anda dan keluarga Anda agar terhindar dari penyakit.