memutihkan gigi dengan jeruk nipis

4 Cara Sederhana Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis

Kita semua ingin gigi kita kuat dan tampak lebih putih. Berbagai cara dapat dilakukan untuk membuat gigi tampak lebih putih. Yang akan digunakan kali ini adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Cara ini termasuk cara yang mudah dan murah karena tidak perlu kita mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke dokter gigi yang relatif mahal.

Pada asalnya gigi kita berwarna putih, namun karena kelalaian kita dalam membersihkan dan merawatnya maka mulailah dia berubah menjadi kuning. Ingat tidak berapa kali setelah makan kita tidak menggosok gigi, kemudian kita juga sering makan makanan yang memiliki rasa asam, dan lain sebagainya. Semua itu dapat berpotensi merusak gigi kita. Otomatis, rasa percaya diri pun berkurang ketika tampil di depan umum berbicara kepada orang lain.

Berikut ini adalah cara mudah dan alami memutihkan gigi dengan jeruk nipis. Apabila memang memiliki cukup uang maka bisa saja untuk pergi ke dokter gigi, tapi kalau uangnya terbatas maka alternatifnya adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang alam dan yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya di sana di antaranya adalah jeruk nipis. Jeruk nipis banyak kita dapatkan di pasar-pasar.

Baca Juga :

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang berfungsi seperti pemutih. Itulah alasan mengapa jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai pemutih gigi. Berikut ini adalah cara menggunakan jeruk nipis sebagai pemutih gigi yang bisa Anda coba sendiri di rumah:

1. Kombinasikan dengan Kunyit dan Garam

Kunyit juga merupakan di antara bahan alami populer yang muncul beberapa waktu belakangan ini untuk memutihkan gigi. Kunyit memiliki tekstur yang sedikit kasar yang dapat menghilangkan plak dan noda yang disebabkan oleh kopi atau minuman dan makanan lainnya pada gigi. Kunyit merupakan rempah yang mengandung antibakteri dan anti inflamasi yagn dapat membantu mengatasi masalah gusi dan membunuh mikroorganisme sehingga mencegah gigi berlubang. Yang perlu dilakukan adalah mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kunyit.

  • Bakar kunyit terlebih dahulu
  • Tumbuk halus kunyit
  • Tambahkan perasan jeruk nipis dan juga garam
  • Aduk rata sampai menjadi pasta lembut
  • Aplikasikan pada gigi
  • Diamkan beberapa menit kemudian bilas
  • Lakukan cara-cara di atas dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Anda tidak perlu khawatir dengan warna kuning yang ditimbulkan kunyit, warna itu akan memudar atau hilang dengan sendirinya nanti.

2. Campur dengan Baking Soda

Baking soda adalah bahan yang dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko. Baking soda bersifat basa sehingga bisa membersihkan noda pada gigi. Untuk membersihkan gigi yang mulai menguning, dapat dicoba cara berikut.

  • Siapkan 1/2 sdt baking soda
  • Campurkan dengan 1/2 sdt perasan jeruk nipis
  • Ratakanlah pada gigi dengan sikat gigi dengan lembut
  • Diamkan selama 1-2 menit kemudian bilas

3. Langsung Gosokkan ke Gigi

Jeruk nipis juga bisa digunakan tanpa mencampurkannya dengan yang lain yaitu caranya adalah dengan menggosokkan langsung ke gigi, kemudian mendiamkannya beberapa menit sambil menahan rasa asamnya. Lalu bisa dibersihkan dengan cara berkumur-kumur. Air yang digunakan untuk berkumur juga bisa dicampur terlebih dahulu dengan baking soda.

4. Campurkan Garam dalam Perasan Jeruk Nipis

Apabila yang pertama tadi dicampur dengan kunyit, maka sekarang tidak perlu. Tapi Anda cukup mencampurkan perasan jeruk nipis dengan garam. Namun jika gigi Anda ternyata termasuk gigi sensitif, perhatikan bahwa ada kemungkinan terjadinya erosi gigi atau gangguan gigi lainnya, sehingga perlu berhati-hati.

Itulah dia 4 cara sederhana memutihkan gigi dengan memanfaatkan jeruk nipis. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!