Vaksinasi DPT untuk Si Kecil, Ini Manfaatnya

Vaksinasi DPT – Salah satu jenis vaksin yang diberikan pada Imunisasi adalah vaksin DPT. Vaksin DPT ini diberikan dengan tujuan untuk menghindarkan si kecil dari penyakit tetanus, difteri dan juga pertusis (batuk rejan). DT artinya dapat melindungi si kecil dari penyakit diftteri dan tetanus, sedangkan TT artinya dapat melindungi tubuh si kecil dari bahaya penyakit tetanus. Pemberian imunisai DPT dilakukan dengan menggunakan metode injeksi itramuskular.

Manfaat vaksinasi DPT

  1. Melindungi dari penyakit difteri

Vaksin DTaP yang diberikan ketika Imunisasi dan mulai diberikan kepada si kecil sejak usianya dua bulan, empat bulan dan enam bulan. Lalu dilanjutkan memberikan kembali pada usia empat sampai enam tahun dan diulang lagi dalam kurun waktu sepuluh tahun setelah imunisasi. Vaksin ini bekerja selama sepuluh tahun dan memberikan penguatan lebih baik dalam mencegah infeksi saat usia dewasa. Penyakit difteri merupakan salah satu penyakit misterius yang ada di dunia. Penyakit ini,umumnya akan membuat bakteri berkembang pada bagian tenggorokan yang penularannya sangat cepat terjadi.. Ketika awal infeksi sering disebut sebagai gangguan tenggorakan seperti amandel, radang tenggorokan atau sinusitis. Setelah  infeksi terjadi dalam waktu  lebih lama maka akan berkembang menjadi sangat serius. Perawatan untuk penyakit inni  bisa dilakukan dengan antibiotik dan anti toksin namun membutuhkan perawatan yang serius.

  1. Melindungi dari penyakit tetanus

Vaksin DTP yang diberikan ketika  Imunisasi dapat mencegah si kecil terjangkit penyakit tetanus. Tetanus adalah sebuah penyakit anaerobik yang biasanya disebabkan akibat dari tusukan yang dalam karena sumber infeksi tidak akan tumbuh apabila terkena oksigen. Dari situ kemudian racun yang telah masuk ke tubuh akan menyebabkan rahang menjadi sulit untuk digerakkan hingga akhirnya berdampak pada risiko kematian apabila tidak dirawat secara serius. Memberikan vaksin DTP itu artinya Anda mencegah si kecil terjangkit penyakit tetanus.

  1. Mencegah penyakit pertusis

Vaksin DTP yang diberikan ketika imunisasi dapat mencegah si kecil terjangkit penyakit pertusis. Ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan dan sifatnya sangat menular dan menyebabkan terjadinya batuk rejan dan sifatnya sangat berbahaya untuk si kecil. Memberikan vaksin DTP itu artinya Anda mencegah si kecil terjangkit penyakit pertusis.