Fungsi Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Aloe Vera atau Lidah Buaya lebih banyak dikenal orang sebagai tumbuhan yang memiliki fungsi untuk menyuburkan rambut alias membuat rambut menjadi lebat. Namun tidak hanya itu, Aloe Vera juga sangat efektif saat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit . Tetapi, semakin berkembangnya zaman, Lidah buaya pun semakin dikenal memiliki banyak manfaat untuk mengobati penyakit lainnya selain penyakit kulit. Tanaman ini juga sangat berfungsi untuk kesehatan. Bahkan, karena popularitas yang dimiliki oleh Lidah buaya, sampai-sampai bangsa Mesir menyebut tanaman ini sebagai tanaman keabadian. Jadi, daripada bertanya-tanya soal fungsi dan manfaat aloe vera, berikut ini ulasannya untuk Anda!

Manfaat aloe vera

                                                              Aloe Vera 

 

Mencegah rambut rontok, menghilangkan strecthmark dan juga mengobati bisul

Fungsi Lidah buaya lainnya yaitu dapat menghilangkan strechmark di kulit. Biasanya, strechmark ini sering dialami oleh wanita yang sedang hamil dan yang telah melahirkan. Tentunya, Anda akan merasa risih jika memiliki strechmark pada kulit, bukan? Nah, solusi untuk menghilangkan strechmark pada kulit yaitu dengan cara mengoleskan gel Lidah buaya pada kulit Anda secara rutin maka strechmark pada kulit Anda akan hilang perlahan-lahan. Tidak hanya mampu untuk menghilangkan strechmark, Aloe Vera juga sangat ampuh untuk mencegah rambut rontok. Adanya kandungan protein yang terdapat pada tanaman ini, sangat berfungsi untuk rambut. Anda hanya tinggal mengoleskan gel lidah buaya ini pada rambut Anda, dengan begitu gel ini akan membantu menguatkan kulit Anda sampai ke akarnya dan menjadi rambut Anda kuat dan tidak mudah patah. Bagi Anda yang sering bisulan, bisa menggunakan Lidah buaya sebagai obat untuk mengobati bisul tersebut. Anda hanya tinggal, menumbuk daun Lidah buaya yang ditambahkan garam, lalu kemudian tempelkan pada tempat bisul itu tumbuuh. Tunggu sampai beberapa jam untuk membuka tempelan tersebut. Biasanya hasilnya yaitu bisul akan Anda akan pecah setelah ditempel Lidah buaya dan juga ikut terangkat ketika And membuka tempelan daun Lidah buaya tersebut.

Mengatasi kulit kering akibat cuaca dingin dan meningkatkan kegunaan krim topikal

Fungsi Lidah buaya lainnya yaitu dapat Anda manfaatkannya untuk mengobati kulit kering akibat cuaca dingin. Kandungan berbagai zat yang ada pada tanaman ini seperti enzim antiinflammatic, bradykinase dan juga asam silsilat yang merupakan bagian dari senyawa aspirin, analgesik dan antibakteri ini dapat digunakan untuk mengatasi kulit Anda yang pecah-pecah akibat cuaca dingin. Nah, sebagai pertolongan pertama, Anda bisa mengoleskan gel Lidah buaya pada kulit Anda itu. Selain itu pula, fungsi lainnya dari Lidah buaya itu dapat meningkatkan efektivitas krim topikal. Jadi, daripada Anda membuang-buang uang untuk pelembab mahal yang hasilnya tidak maksimal, lebih baik Anda mencoba untuk menambahkan Lidah buaya dala pelembab tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam proses penetrasi pada kulit Anda.

Mengatasi ketombe dan conditioning

fungsi Lidah buaya yang berikutnya yaitu sebagai obat mengurangi ketombe. Sekedar informasi, ketombe disebabkan oleh Malassezia dan jamur lemak makan yang bisa hidup di kulit kepala. Tanaman Aloe Vera ini sangat berfungsi dalam memberantas sel-sel kulit mati  dan jamur yang tumbuh di kulit kepala, karena adanya kandungan antijamur dalam tanaman ini. Sifat jamur yang bisa tumbuh di lingkungan asam juga dapat diatasi oleh kandungan alkalizing yang dimiliki oleh Lidah buaya, sehingga akan membuat jamur tidak dapat tumbuh dengan baik di kulit kepala Anda. Gel Lidah buaya juga sangat berfungsi jika digunakan sebagai conditioning untuk kulit kepala. Dengan menggunakan gel Lidah buaya sebagai conditioning maka akan sangat membantu untuk menyejukkan kulit keala Anda. Sebab, gel Lidah buaya memiliki kandungan yang mirip dengan protein, keratin, dimana zat tersebut biasanya bisa diproduksi secara alami oleh sel-sel rambut.