mitos mitos kesehatan

Mitos-mitos Kesehatan yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang

Saat kita menderita suatu penyakit, sering kali kita mendengar beberapa nasihat orang tua agar tidak memperparah penyakit yang dialami. Namun, orang tua sendiri pun tidak merasa sangat yakin jika aturan-aturan yang mereka sebutkan itu adalah fakta. Banyak dari mereka yang hanya sekedar tahu bahwa sesuatu tidak bagus dilakukan jika sedang sakit. Dari sana, banyak orang yang menyebutkan bahwa itu adalah mitos. Banyak sekali mitos-mitos tentang kesehatan yang sering kita dengar saat sakit. Berikut adalah mitos yang paling sering didengar dan yang mungkin masih dipercaya sampai sekarang.

1.Mandi Malam dapat Menyebabkan Rematik

Mitos ini menjadi salah satu mitos yang paling sering kita dengar dari orang tua mau pun orang-orang terdekat kita sampai sekarang. Banyak yang mengatakan bahwa mandi terlalu malam terutama diatas jam 10 dapat menyebabkan penyakit rematik. Hal ini sebenarnya hanya sekadar mitos. Jika tubuh Anda sedang dalam kondisi yang sehat dan tubuh memerlukan mandi sehingga akan bersih, maka mandi di malam hari pun bukan masalah. Tapi akan lebih baik jika mandi dengan air panas pada malam hari, terutama bagi yang memang sudah menderita rematik.

2.Tidak Boleh Mandi dan Memakai Selimut saat Demam

Kedua hal ini adalah mitos belaka karena tidak benar dan tidak sesuai dengan fakta. Saat demam, lebih baik mandi karena dapat menurunkan suhu tubuh Anda yang sedang tinggi. Tapi jika menderita demam sampai menggigil, lebih dianjurkan untuk mandi dengan air hangat atau hanya sekadar di kompres dengan air hangat. Saat demam, kita merasa kedinginan dan ingin berselimut. Tapi hal itu adalah salah karena dengan memakai selimut akan menaikkan suhu badan dan jika sudah terlalu tinggi, maka akan menyebabkan kejang-kejang.

3.Dikerok saat Masuk Angin

Hal ini tentu hanya mitos karena saat dikerok, pembuluh darah kapiler akan pecah dan akan menimbulkan gejala masuk angin kembali. Selain itu, dikerok juga akan meninggalkan rasa sakit, pegal otot dan akan mengurangi rasa sakit yang sebelumnya. Dengan ini banyak yang percaya bahwa dikerok dapat menyembuhkan masuk angina, sebenarnya hanya sekadar mengalihkan rasa sakit saja.