Memilih Makanan Rendah Kalori untuk Diet

Image result for diet tumblr

Salah satu jenis makanan yang sangat baik digunakan sebagai menu makan diet setiap hari adalah makanan rendah kalori. Kalori merupakan ukuran dari energi yang dihasilkan jika seseorang mengkonsumsi jenis makanan. Untuk kadar kalori normal yang harus dihasilkan oleh setiap manusia, pada umumnya memiliki takaran 2000 kilocalorie untuk wanita dan 2500 kilocalorie bagi pria. Kalori dihasilkan setelah seseorang mengkonsumsi makanannya. Kalori yang dihasilkan ini, nantinya akan digunakan sebagai sebuah bahan bakar atau energi dalam diri manusia. Namun jika kalori tidak digunakan dengan maksimal oleh orang yang bersangkutan, maka dapat dipastikan bahwa kalori tersebut akan menumpuk dan berubah menjadi gumpalan lemak.

Gumpalan lemak yang terus mengendap inilah yang kemudian dapat menyebabkan berbagai hambatan dalam sistem metabolisme manusia, serta kegemukan pada badan seseorang. Jika kalori terus menumpuk dan tidak dihilangkan, maka akan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh yang mempunyai banyak lemak. Oleh karena itulah mengkonsumsi makanan dengan kadar kalori yang rendah sangat dianjurkan bagi mereka yang berbadan gemuk dan sedang melakukan berbagai program diet.

Berikut ini beberapa makanan yang tergolong dalam makanan kategori rendah kalori, yang diantaranya adalah:

  • Gandum alami atau oatmeal

Makanan ini banyak mengandung serat dan dapat mengenyangkan perut para penikmatnya, serta dikenal dapat menjaga kadar gula dalam darah.

  • Beras Merah

Merupakan salah satu jenis beras yang dapat dengan mudah Kita temui dipasaran. Seakan rendah kandungan kalori nya, beras ini juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah namun tetap mengenyangkan.

  • Jus hijau-hijauan

Merupakan jenis jus yang terbuat dari berbagai sayuran seperti bayam, brokoli dan sayuran hijau lainnya. Jus ini terkenal sebagai jus nya para pelaku diet serta mampu memberikan zat antioksidan.

Selain jenis makanan rendah kalori diatas, masih terdapat banyak makanan lain yang memiliki kandungan kalori rendah seperti kacang-kacangan, susu, sup kaldu dan gula jagung. Untuk mengefektifkan nilai diet yang dilakukan maka penggantian gula tebu dengan gula jagung adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Salah satu gula jagung terbaik yang dapat dikonsumsi setiap hari adalah gula jagung Tropicana, yang mempunyai kadar kalori rendah.