Makanan untuk Diabetes yang Disarankan

makanan untuk diabetes

Diabetes

Diabetes atau kencing manis adalah penyakit atau gangguan yang umum diderita oleh manusia modern kebanyakan.  Diabetes merupakan penyakit dimana kadar glukosa lebih tinggi dari normal. Diabetes bisa memicu penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung, ginjal maupun gangguan liver.  Penderita diabetes memang tidak bisa menyembuhkan gangguan ini 100% namun tetap bisa menjaga kadar gula nya dalam ambang normal. Salah satu cara untuk menjaga kadar gula darah tetap normal adalah dengan mengatur pola makan. Dengan demikian, kadar glukosa terjaga dan diabetes tidak semakin parah. Oleh karena itu, penderita diabetes wajib mengetahui makanan apa yang seharusnya dikonsumsi oleh mereka.

Berikut makanan untuk diabetes yang paling direkomendasikan:

Coklat Hitam

Coklat adalah makanan yang mengandung flavanoid. Coklat dapat meningkatkan tingkat sensitifitas insulin dan mengurangi resistensi insulin. Coklat juga dapat mempercepat pengolahan kadar gula dalam darah. Umumnya dengan mengkonsumsi coklat, maka keinginan untuk makan menjadi lebih terkendali.  Namun ini berlaku untuk coklat hitam saja bukan coklat yang lain misalnya coklat susu. Coklat susu mengandung lemak dan gula lebih banyak sehingga tidak cocok dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes. Setidaknya itulah hasil penelitian dari Universitas Copenhagen pada tahun 2008 silam.

Blueberry

Buah yang satu ini mengandung serat yang bsia menghilangkan lemak dari tubuh. Blueberry juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang meminum 2,5 gelas jus blueberry selama 12 minggu dapat menurunkan kadar gula dalam darah serta meningkatkan daya ingat. Blueberry mengandung antosianin atau senyawa kimia alami yang mampu mengecilkan sel-sel lemak serta memproduksi adiponektin. Adiponektin ini bertugas mengatur kadar glukosa dalam darah. Dengan adiponektin, kadar gula darah tetap rendah dan tubuh bertambah sensitif terhadap insulin.

Oatmeal

Makanan selanjutnya yang direkomendasikan untuk penderita diabetes adalah oatmeal. Makanan ini direkomendasikan oleh pakar penyakit diabetes karena mengandung karbohidrat kompleks dan serat larut yang tinggi. Ini membuat kadar gula darah semakin terkontrol.

Selain itu, jangan lupa juga konsumsi bahan-bahan makanan yang rendah gula seperti produk dari Tropicana.