Macam-macam Diet Rendah Garam

Related image

Diet Rendah Garam

Garam merupakan penyedap rasa yang mampu menciptakan rasa gurih yang nikmat. Jika tidak ada garam, maka makanan terasa hambar. Sebenarnya pemakaian garam dalam makanan harus dibatasi, karena nyatanya garam mengandung banyak bahaya bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi garam berlebih akan mengakibatkan tekanan darah meninggi atau hipertensi. Selain itu, mengkonsumsi garam berlebih juga dapat mengakibatkan terjadinya kanker lambung. Bahkan seseorang yang memiliki penyakit asma pun harus mengurangi konsumsi garam. Hal ini dikarenakan beberapa jenis makanan telah mengandung garam. Untuk itu perlu adanya diet rendah garam. Diet ini dibagi menjadi tiga macam, yaitu:

1.Diet garam tingkat tinggi,

Diet ini tidak boleh memberikan atau mencampurkan garam sedikit pun ke dalam makanan seseorang penderita penyakit hipertensi berat.

 

2.Diet garam tingkat dua,

Diet garam ini hanya dibolehkan mengkonsumsi garam dengan takaran ½ sendok teh atau 2 gr.

 

3.Diet garam tingkat tiga,

Dalam diet ini boleh menambahkan garam pada makanan dengan takaran 1 sendok teh atau 4 gr untuk seseorang yang menderita penyakit hipertensi ringan.

 

Diet makanan rendah garam harus dilakukan bagi seseorang yang memiliki penyakit maupun yang tidak memiliki penyakit. Karena pada dasarnya garam memiliki unsur kimia yang mampu mengikat cairan dalam tubuh seseorang sehingga berat badan cepat naik. Dalam menjalani diet yang rendah garam, perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Diantaranya:

  1. Kurangi mengkonsumsi garam dapur. Jika sedang makan dan rasanya kurang enak, maka hindarilah menambahkan garam di dapur.
  2. Jika merasa makanan terasa hambar maka gunakan alternatif lain sebagai perasa, seperti cabai bubuk, merica, dan bawang putih.
  3. Hindari atau kurangi konsumsi makanan cemilan yang banyak mengandung garam dan zat perasa.
  4. Hindari garam, dengan mencoba mengkonsumsi beras merah, oatmeal, ikan, sayuran dan buah segar. Lebih banyak mengkonsumsi makanan tersebut maka Anda akan lebih terhindar dari penyakit kanker kronis.
  5. Hindari makanan kaleng, karena makanan kaleng mengandung 3x lipat garam yang berfungsi untuk mengawetkan makanan secara alami.

Diet rendah garam juga bisa dilakukan dengan mengganti gula dapur dengan Tropicana. Karena Tropicana merupakan gula yang mengandung rendah garam.