Kenali Kebutuhan Protein Per Hari Untuk Memperoleh Manfaatnya Secara Optimal

Kenali Kebutuhan Protein Per Hari Untuk Memperoleh Manfaatnya Secara Optimal

Menjaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh adalah sebuah keharusan untuk kita semua. Tujuannya tidaklah lain adalah agar aktivitas kita sehari-hari bisa berjalan dengan baik dan tubuh tidak mudah terserang penyakit. Dalam menjalankan hidup sehat, salah satu langkah yang sangat penting untuk dapat diterapkan adalah mengkonsumsi makanan sehat sumber zat gizi terbaik secara seimbang. Nah, dari sekian banyak zat gizi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan, protein adalah salah satu yang jangan sampai terlupakan. Protein memegang peranan penting untuk tubuh, mulai dari sebagai sumber energi untuk tubuh sampai dengan produksi berbagai enzim serta hormon di dalam tubuh guna mendukung fungsi organ tubuh berjalan dengan normal.

Kenali Kebutuhan Protein Per Hari Untuk Memperoleh Manfaatnya Secara Optimal

Protein yang masuk ke dalam tubuh akan memacah jadi asam amino, yang mana asam amino diperlukan tubuh untuk mengoptimalkan fungsi berbagai organ di dalam tubuh. Ada begitu banyak manfaat dari protein untuk kesehatan tubuh apabila kita mencukupi asupan protein setiap hari dalam jumlah yang cukup. Mulai dari manfaat sebagai sumber energi, kemudian memelihara jaringan tubuh, menyehatkan kulit, mencegah rambut rontok, mendukung tumbuh kembang anak, sampai dengan menjaga kesehatan tulang.

Nah, agar kebutuhan protein harian bisa tercukupi dengan baik, maka tentunya kita perlu mengetahui seberapa banyak protein yang kita butuhkan dalam seharinya. Takaran kebutuhan protein dipengaruhi dengan faktor usia, kondisi sampai dengan jenis kelamin, kebutuhan protein antara anak-anak dengan orang dewasa tidaklah sama. Begitu pula antara kebutuhan protein pada laki-laki dengan perempuan, yang juga terdapat perbedaan. Untuk balita, kebutuhan protein yang perlu untuk dicukupi setiap harinya adalah 10 gram protein per hari. Kemudian anak usia sekolah sebelum memasuki masa remaja, kebutuhan proteinnya meningkat antara 19 sampai dengan 34 gram per hari. Sebelum memasuki usia remaja, kebutuhan protein anak-anak antara yang laki-laki dengan perempuan memang tidak jauh berbeda. Akan tetapi tidak demikian kalau sudah memasuki usia remaja.

Remaja laki-laki membutuhkan asupan zat gizi protein seharinya sekitar 52 gram, dan sedangkan untuk remaja perempuan kurang lebih 46 gram. Memasuki usia dewasa, kebutuhan protein meningkat. Untuk laki-laki adalah kurang lebih 56 gram serta untuk perempuan kurang lebih 46 gram. Berbeda apabila wanita dalam keadaan sedang hamil ataupun menyusui, dimana kebutuhan proteinnya meningkat, setiadaknya ibu hamil dan menyusui perlu untuk memenuhi kebutuhan protein kurang lebih 71 gram per harinya. Penuhi kebutuhan protein harian dengan mengkonsumsi sumber protein secara bervariasi, tidak monoton makanan itu saja.