Berkenalan dengan Macam Jenis Pola Makan Vegetarian

3 Fungsi Karbohidrat yang Diperlukan Tubuh

Pola Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup sehat tidak terlepas dari konsumsi makanan sehat sumber zat gizi terbaik untuk tubuh dengan mencukupinya secara seimbang. Nah, bicara tentang zat gizi, karbohidrat adalah salah satu zat gizi utama yang penting untuk ada dalam makanan yang kita konsumsi setiap harinya di jam makan utama. Pentingnya mencukupi kebutuhan karbohidrat setiap harinya tidaklah lain karena fungsi penting karbohidrat untuk tubuh. Berikut ini 3 fungsi utama dari karbohidrat mengapa menjadi salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita :

Berkenalan dengan Macam Jenis Pola Makan Vegetarian

  1. Sumber Energi Utama

Fungsi yang pertama dari karbohidrat untuk kesehatan tubuh kita adalah sebagai sumber energi utama. Karbohidrat memegang peranan yang penting sebagai sumber energi utama seperti energi untuk otot maupun otak. Energi tersebut sendiri diperlukan mulai dari bernapas sampai dengan aktivitas fisik yang lebih berat seperti berlari maupun olahraga berat. Makanan sumber karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi gula selama proses pencernaan, yang berikutnya aliran darah menyerap gula tersebut atau yang dikenal sebagai glukosa alias gula darah. Dengan bantuan insulin, glukosa bakal memasuki sel tubuh. Apabila ada glukosa yang berlebih, maka akan disimpan pada otot serta hati dalam bentuk glikogen. Akan tetapi apabila glukosa tersebut tidak digunakan, maka akan berubah jadi lemak. Oleh sebab itulah, agar glukosa berfungsi dengan baik, gerak aktif penting untuk dilakukan setiap harinya.

 

  1. Membatasi Asupan Kalori

Fungsi dari karbohidrat yang selanjutnya adalah sebagai pembatas asupan kalori ke dalam tubuh agar tidak berlebih. Menurut penelitian, kandungan zat gizi serat yang tinggi pada makanan sumber karbohidrat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Ketimbang lemak, karbohidrat punya asupan kalori yang lebih rendah.

 

  1. Mengurangi Resiko Penyakit

Karbohidrat juga berfungsi untuk mengurangi resiko beberapa penyakit. Menurut penelitian yang dilakukan mengenai serat pangan dari biji-bijian utuh, ternyata dapat untuk meminimalisir resiko penyakit serius seperti kardiovaskular, diabetes tipe 2 sampai dengan masalah obesitas alias berat badan berlebih. Selain itu juga dapat untuk menjaga fungsi dari organ pencernaan. Sumber zat gizi karbohidrat yang juga kaya dengan kandungan serat pangan contohnya adalah kentang yang dimasak bersama dengan kulitnya, kemudian biji-bijian utuh seperti gandum.