Mengatur Kadar Kalori Makanan Pada Tubuh

Semua sistem tubuh sudah diatur sedetil dan selengkap mungkin. Semua sistem pada tubuh kita terkendali dengan baik tanpa kita ketahui prosesnya. Padahal sistem pada tubuh kita itu terdiri dari beberapa sistem yang saling berkaitan. Misalnya saja sistem pencernaan, sistem metabolisme tubuh, sistem pernapasan, sistem sekresi dan lain-lain.

Untuk bisa bertumbuh dan berkembang serta dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara optimal, kita butuhkan semua sistem tersebut berjalan lancar. Misalnya saja sistem percernaan dibutuhkan untuk memproduksi kalori makanan dengan menyerap sari-sari makanan yang baik untuk tubuh. Sari-sari makanan tersebut perlu di distribusikan dengan sistem metabolisme tubuh supaya semua organ tubuh dapat menjalankan semua fungsinya.

Sisa makanan yang tidak dibutuhkan baik berupa cairan atau benda padat akan dibuang lewat lanjutan dari sistem pencernaan dan sistem sekresi tubuh.  Sistem pencernaan,sistem metabolisme tubuh, dan sistem sekresi yang baik akan dapat mengoptimalkan organ tubuh lain. Misalnya organ paru-paru untuk proses pernapasan.

Jika satu saja sistem tubuh tersebut terganggu, maka akan menimbulkan masalah kesehatan. Bahkan ada yang sampai berujung pada komplikasi penyakit karena sistem-sistem pada tubuh tersebut saling berkaitan. Hal yang pertama harus di perhatikan agar tubuh dapat hidup sehat yaitu jumlah kalori makanan dalam tubuh kita. Kalori merupakan satuan untuk mengukur tenaga.

Jadi kalori pada makanan yaitu ukuran tenaga yang dapat diserap dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Jika aktivitas keseharian yang kita lakukan cukup berat, maka tubuh membutuhkan kalori yang besar. Begitupun sebaliknya, jika aktivitas tubuh yang dilakukan ringan bahkan jarang beraktivitas, tubuh hanya membutuhkan kalori pada jumlah yang sedikit.

Apabila kalori makanan yang tersedia lebih besar daripada kalori yang dibutuhkan tubuh, maka sisa kalori tersebut akan disimpan tubuh. Akibatnya berat badan akan bertambah. Begitupun sebaliknya. Untuk dapat hidup sehat, kita harus dapat menghitung kadar kalori dari makanan seimbang dengan kalori yang dibutuhkan tubuh. Sehingga badan pun terlihat proporsional.

Salah satu bahan makanan dan minuman yang menyumbang kalori dengan kadar tinggi yaitu makanan dan minuman manis. Namun saat ini, ada makanan dan minuman manis yang tidak mengandung kalori tinggi yaitu gula, sirup, dan susu. Jadi, walaupun anda mengonsumsi makanan dan minuman manis, maka badan anda tidak akan melar.




Leave a Reply

Your email address will not be published.