Brokoli, Si Hijau yang Punya Beragam Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Brokoli

 

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan sayuran berbentuk pohon kecil dan bewarna hijau segar, yakni brokoli. Ya, brokoli adalah salah satu sayuran yang mengandung begitu banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak heran kalau konsumsi sayur brokoli dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Si hijau yang satu ini adalah sayuran yang bukan hanya memberikan manfaat kesehatan untuk orang dewasa saja, akan tetapi juga untuk anak-anak, dimana dapat membantu dalam mengoptimalkan tumbuh kembang dan kecerdasannya. Beberapa kandungan zat gizi terbaik yang dipunyai oleh sayur brokoli antara lainnya adalah vitamin A, B6, D, E, K, protein, karbohidrat, air, sampai dengan serat. Nah, mari kita mengenal beragam manfaat untuk kesehatan tubuh dari si hijau brokoli ini. Berikut beragam manfaatnya :

  1. Mencegah Kanker

Manfaat yang pertama dari brokoli untuk kesehatan tubuh adalah dapat mencegah kanker. Rutin makan brokoli dapat meminimalisir resiko kanker usus besar dan jug paru-paru. Terdapat kandungan senyawa sulforaphane di dalam brokoli yang memberikan rasa pahit dan senyawa tersebut lah yang menjadikan si hijau ini dapat membantu dalam mencegah terjadinya kanker.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Sistem kekebalan tubuh dapat terjaga lebih baik dengan konsumsi brokoli. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalam sayuran si hijau ini. Jika sistem imunitas dapat terjaga dalam kondisi yang baik selalu, maka tubuh kita pun tidak mudah untuk terserang penyakit dan akan lebih mudah melawan infeksi penyebab penyakit.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat untuk kesehatan tubuh yang berikutnya lagi dari konsumsi sayur brokoli adalah dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Di dalam sayur brokoli terdapat kandungan serat yang mudah larut sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga kandungan nutrisi di dalam brokoli diklaim bisa untuk membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Terlebih apabila pengolahannya tidak menambahkan minyak, yakni dengan cara direbus atau dikukus.

  1. Mencegah Diabetes

Brokoli juga bermanfaat untuk mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan sulforaphane di dalamnya yang diketahui dapat membantu dalam mencegah terjadinya kerusakan pembuluh darah kecil yang dikarenakan oleh tingginya kadar gula darah.