Pentingnya Memahami Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat

Proses persalinan menjadi momen sangat krusial bagi ibu hamil. Pada usia kehamilan 8-9 bulan sudah pasti terlihat tanda-tanda persalinan semakin dekat. Oleh karena itu perlu pemahaman lebih bagi ibu hamil dalam merasakan tanda persalinan tersebut. Wyeth Parenting bisa menjadi solusi bagi Anda yang belum terlalu mengerti seperti apa tanda tanda persalinan sudah dekat, sehingga bisa melakukan langkah antisipasi.

Untuk mendapatkan proses persalinan lebih lancar tanpa kendala memang harus mengantisipasinya sejak dini terutama dari usia kehamilan mencapai 8-9 bulan. Maka dari itu bagi ibu hamil ataupun suami juga wajib mengerti seperti apa tanda-tanda persalinan. Berikut ini ada beberapa tanda yang kerap terjadi saat memasuki masa persalinan lebih dekat.

Pentingnya Memahami Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat

Sulit Tidur

Tanda pertama yang sering terjadi ketika masuk dalam masa persalinan yakni sulit tidur. Dari tanda tersebut menjadi efek tidak stabilnya hormone di dalam tubuh sehingga membuat proses tidur semakin sulit.

Merasa Nyeri

Rasa nyeri pada bagian punggung serta merasa kram bahkan sampai sakit perut menjadi tanda-tanda persalinan sudah dekat. Perasaan nyeri tersebut menjadi satu tanda pramensturasi bahkan dari perkembangan bayi sudah memasuki fase persalinan.

Meningkatnya Frekuensi Buang Air Kecil

Berikutnya ada satu tanda yang kerap terjadi pada masa-masa persalinan yakni frekuensi buang air kecil yang semakin sering terjadi. Dalam beberapa pekan hingga hitungan jam sebelum persalinan posisi bayi akan semakin turun ke bagian tulang panggul, sehingga membuat rahim menekan bagian kandung kemis. Maka dari itu menjadi hal wajar ketika masuk masa persalinan dari frekuensi buang air kecil akan bertambah.

Keluar Lendir dan Darah

Dari bagian vagina juga mengeluarkan tanda yakni adanya lendir dan darah. Bagian serviks akan membesar lalu membuat jalan lendir tersebut hingga keluar dari vagina. Dari segi warnanya bisa berbeda mulai dari bening, merah mudah ataupun sedikit bercampur dengan darah. Jadi untuk mengantisipasi tanda tersebut sebaiknya perlu perawatan lebih intens.

Seringnya Kontraksi

Tanda-tanda persalinan sudah dekat berikutnya adalah sering mengalami kontraksi palsu dimana sering disebut dengan Braxton Hicks atau dari bagian perut mengalami pengencangan. Terjadinya kontraksi tersebut biasanya muncul datang dan pergi tetapi dari segi kekuatannya tidak serupa seperti kontraksi aslinya. Rata-rata kontraksi terjadi selama 30 sampai 120 detik. Dari bagian perut sampai panggul akan merasakan kontraksi, sehingga perlu di waspadai dimana sudah menjadi tanda waktunya persalinan.

Beberapa tanda-tanda persalinan sudah dekat memang menjadi satu perdebatan tersendiri di antara semua kalangan. Bagi ibu hamil sebaiknya memang melihat sampai merasakan seperti apa tanda yang paling dominan sehingga bisa langsung mendapatkan penanganan. Jangan sampai terlambat dalam penanganan karena bisa berakibat buruk pada janin dan ibu hamil. Maka dari itu informasi mengenai tanda-tanda persalinan harus dipahami secara detail oleh ibu hamil agar bisa mendapatkan waktu terbaik untuk persalinan.