Dampak Jika Biarkan Anak Jajan Sembarangan

Anak-anak kegemarannya adalah jajan. Sebenarnya wajar jika anak-anak sangat suka jajan. Karena meraka masih memiliki jiwa keingintahuan akan sesuatu sangat tinggi, sehingga jika ada makanan yang aneh biasanya anak anda akan ingin membelinya. Hal ini tentunya mengundang kekhawatiran bagi sebagian orang tua, jika anaknya jajan sembarangan. Karena meskipun anak anda sudah diberikan menu bekal sekolah,  bukan tidak mungkin anak anda akan tetap meminta untuk dibelikan makanan lainnya yang ada di sekolah. jika anda sedang menemani anak anda disekolah, usahakan anda tidak gampang membiarkan anak anda jajan apa saja yang mereka inginkan. Karena jika anda membiarkan anak anda jajan semabarangan, dikhawatirkan anak anda akan mengalami dapak negative dari jajan sembarangan, di antaranya adalah :

1. Akan Mengalami Sakit Perut

Hal yang pertama akan dialami anak ketika mengonsumsi makanan yang tidak sehat, pasti akan mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut atau mual bahkan muntah. Tentunya jika anak sakit perut kemudian muntah atau sering buang air besar, maka anak anda akan terkena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh sehingga tubuhnya akan lemas. Jika sudah seperti itu maka anak akan kehilangan keceriaan untuk bermain bersama teman-temannya.

2. Mudah Terkena Penyakit Lainnya

Tentunya selain sakit perut, ketika anak dibiarkan makan makanan yang tidak sehat, maka anak akan mudah terkena penyakit lainnya. Apalagi jajanan yang dibeli anak anda tidak sehat dan tidak bersih, dikhawatirkan ada kuman yang menempel pada makanan, atau makanan tersebut mengandung zat bebahaya yang akan memicu penyakit lainnya yang bahkan bisa lebih parah dan berisiko lebih tinggi dibandingkan dengan sakit perut. Jika anak sudah terkena penyakit maka akan sulit menyembuhkannya.

3. Menghambat Perkembangan

Makanan yang tidak sehat juga bisa menghambat perkembangan anak anda. misalnya terlambat dalam berfikir, dan juga kesulitan untuk tumbuh tinggi.

Itulah beberapa dampak jika anda membiarkan anak anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat secara terus menerus, maka dari itu berikan menu bekal sekolah  untuk anak yang menarik sehingga anda tidak ingin jajan lagi.

Artikel rekomendasi : Resep Bekal