Sereal Gandum Utuh yang Kaya Zat Gizi Terbaik Untuk Kesehatan

Sereal yang berasal dari gandum utuh memang sudah tidak asing lagi untuk sebagian besar dari kita, yang mana memang juga produk sereal gandum utuh dalam kemasan bisa kita temukan dengan mudah di supermarket, minimarket maupun secara online di Lemonilo. Lalu, tahukah kamu bahwa sereal gandum utuh itu memiliki begitu banyak zat gizi terbaik yang bermanfaat untuk kesehatan ? Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi gandum utuh secara rutin. Mulai dari mencegah obesitas, menstabilkan kadar kolesterol, mencegah terjadinya pengerasan pembuluh arteri, meminimalisir resiko hipertensi, makanan yang kaya antioksidan, membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan masih banyak lagi lainnya.

Sereal pada umumnya memang identik dijadikan sebagai menu sarapan. Menjadikan sereal gandum utuh sebagai menu sarapan memang merupakan sebuah pilihan yang terbaik, dimana kandungan magnesium, protein, fosfor hingga juga vitamin B1 di dalam sereal memegang peranan penting untuk memproduksi energi yang akan menjadikan aktivitasmu seharian nanti pun lebih bersemangat dan dapat berjalan dengan optimal.

Nah, berkenalan lebih jauh dengan sereal gandum utuh. Jenis sereal yang satu ini adalah sereal yang berasal dari gandum yang tidak dimurnikan alias tidak digiling sehingga masih terdiri dari dedak serta benih gandum. Sereal yang berasa dari bahan gandum utuh lebih kaya akan selenium, potasium dan magnesium. Sehingga memang sereal gandum utuh adalah pilihan yang tepat sebagai bagian dari konsumsi sehat setiap hari. Saat gandum utuh diproses untuk menghasilkan produk putih seperti contohnya tepung putih ataupun beras putih, yang dipakai adalah bagian tengah dari gandum dan sementara bagian luar dan juga dalamnya bersamaan dengan sebagian besar lainnya dari gandum itu. Dengan begitu terjaganya zat gizi yang terdapat pada gandum utuh, tak heran kalau memang sereal gandum utuh adalah salah satu rekomendasi konsumsi makanan sehat.

Kemudian, berapa jumlah konsumsi gandum utuh yang direkomendasikan ? Untuk orang dewasa, rekomendasi konsumsi makanan berasal dari gandum utuh adalah sebanyak 48 gram per harinya. Selain mendapatkan asupan zat gizi dari gandum utuh, kamu bisa memperolehnya dengan mengkonsumsi 1-2 mangkok sereal gandum utuh, 1 potong roti gandum utuh yang ukuran sedang dan 1 roti gulung gandum utuh ukuran kecil dalam satu hari. Mengingat bahwa memang pada dasarnya kandungan gandum utuh pada setiap produk gandum utuh, termasuk juga produk sereal tidak semuanya sama, maka langkah terbaik untuk memastikan bahwa asupan nutrisi yang kita terima dari gandum sudah cukup adalah dengan memeriksa label gizinya. Sereal gandum utuh sendiri di Indonesia ini sudah cukup banyak produksinya. Kamu bisa membelinya pun dengan mudah. Cek terlebih dahulu kandungan gizi yang terdapat pada kemasan produk sereal gandum utuh tersebut. Jangan lupa juga pilihlah produk sereal yang rendah lemak dan rendah gula.

 

Baca juga: Mengenal Cemilan Sehat Ibu Hamil