Makanan untuk Ibu Hamil

Jenis Makanan Untuk Usia Kehamilan Trisemester Pertama

Siapa yang gak bahagia saat dinyatakan positif hamil? Kehamilan merupakan anugrah yang paling membahagiakan bagi setiap wanita. Ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan fisik dan psikologi yang disebabkan oleh perubahan hormon dan pada usia kehamilan trisemester pertama maka ibu hamil akan mengalami morning sickness sehingga membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi yang lengkap. Apa saja jenis makanan yang baik untuk trisemester pertama kehamilan? Berikut adalah daftarnya:
1.Buah-buahan
Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, zat besi, dan zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh terutama bagi ibu hamil. Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar maka ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah serta untuk mengurangi morning sickness di trisemester pertama.
2.Sayuran
Sayuran hijau yang kaya akan zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah anemia selama kehamilan, selain itu sayuran juga sangat baik untuk mengurangi morning sickness yang sering dialami oleh ibu hamil di trisemester pertama. Sayuran hijau juga mengandung asam folat yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan sehingga mampu mencegah terjadinya bayi lahir cacat. Jenis sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil diantaranya adalah brokoli, asparagus, sawi, dan bayam.
3.Ikan
Ikan banyak mengandung omega 3 dan protein yang baik untuk pembentukan otak janin dalam kandungan. Namun Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih ikan yang baik untuk kesehatan karena ada beberapa jenis ikan yang mengandung mercury berbahaya bagi kesehatan, selain itu sebaiknya hindari konsumsi ikan mentah untuk mengurangi kadar lemak jenuh dalam tubuh.
4.Olahan susu
Saat ini banyak sekali produk olahan susu yang memiliki nilai gizi yang tinggi seperti keju, yogurt, dan lainnya. Produk olahan susu ini dapat mendukung perkembangan janin dalam kandungan selain itu juga menyehatkan bagi ibu hamil. Ibu hamil dapat memilih produk Wyeth berkualitas untuk menjaga asupan nutrisi selama kehamilan agar janin dalam tetap sehat.
Itulah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil pada trisemester pertama untuk menjaga kesehatan dan mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Baca juga : https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/mengenali-tanda-awal-kehamilan