Kenali Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Anda Dengan Benar

Alangkah bahagianya jika kita memiliki seorang bayi yang sehat, lucu dan menggemaskan. Sebab mengurus bayi bukan suatu pekerjaan yang mudah, perlu ketelitian dan kesabaran saat sedang mengurus si kecil mulai dari memandikan, memakaikan baju, memberinya makan sampai memberikan ASI hingga tertidur. Semua itu membutuhkan waktu serta tenaga yang tidak sedikit, tapi demi yang namanya anak apapun bisa kita lakukan. Pertumbuhan dan perkembangan bayi memang sangat berbeda dengan pertumbuhan orang dewasa. Seorang bayi akan tumbuh dengan sangat cepat seiring dengan bertambahnya waktu. Apalagi jika sejak masih dalam kandungan si kecil didampingi dengan nutrisi yang sehat melalui asupan gizi yang di konsumsi oleh sang ibu.

Pertumbuhan dan perkembangan bayi akan sangat terlihat cepat disaat bayi berusia antara 0-12 bulan. Selaku orang tua kita harus selalu memantau perkembangan si kecil, jangan sampai bayi kita terhambat tumbuh kembangnya hanya karena kita kurang memperhatikan. Tapi dalam hal ini tentunya kita juga jangan kaget jika perkembangan si kecil tidak sesuai dengan yang diharapkan, sebeb pertumbuhan dan perkembangan semua bayi tadaklah sama.

Pertumbuhan dan perkembangan bayi bisa kita perhatikan dari tiap bulan ke bulan berikutnya. Pada tahapan ini seorang bayi akan memperlihatkan perkembangan motorik kasar, motorik halus, bahasa dan sosial. Semua bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda, sebagian ada yang sudah bisa mengucapkan kata pertamanya pada usia 8 bulan, ada pula yang baru bisa berbicara setelah usia lebih dari 1 tahun. Sedangkan untuk mulai belajar jalan biasanya juga terjadi pada usia yang bervariasi, ada yang mulai berjalan di usia 9 bulan, ada juga yang baru bisa berjalan pada usia 1,5 bulan. Hal tersebut sudah lumrah terjadi pada perkembangan seorang bayi.

Jika bayi kita terlihat perkembangannya tidak normal dalam artian tidak tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang seharusnya. Maka saat itulah kita disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli. Sebab jika saja kita terlambat untuk berkonsultasi dengan dokter anak, hal yang ditakutkan yaitu akan terjadi  sesuatu hal yang buruk terhadap si kecil.

Semoga informasi ini bermanfaat khusus bagi Anda yang saat ini sedang sibuk mengurus seorang bayi.