Makanan Yang Baik Bagi Penderita Diabetes

Jenis Makanan untuk Penyandang Diabetes

Kesehatankita.net – Diabetes atau yang dikenal dengan nama penyakit kencing manis merupakan penyakit yang disebabkan karena ketidaknormalan gula darah yang ada di dalam tubuh. Pada umumnya, jenis diabetes yang dialami oleh masyarakat adalah diabetes tipe 2 atau diabetes melitus. Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara dengan penderita diabetes yang terbesar. Jika seseorang telah di diagnosa terkena penyakit kencing manis, maka terdapat makanan untuk penyandang diabetes yang dapat dikonsumsi dan yang tidak dapat dikonsumsi bahkan untuk olahraga, beberapa penderita harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Penyandang diabetes harus berhati-hati mengkonsumsi makanan karena jika salah dalam memilih makanan dapat menaikkan kadar gula darah secara drastis dan memperparah penyakit Anda. penderita diabetes harus melakukan pola makan teratur atau terapi nutrisi medis untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Makanan pertama adalah makanan yang berasal dari biji-bijian utuh dengan kandungan karbohidrat kompleks misalnya nasi merah, oats, kentang panggang, roti tanpa tepung terigu atau sereal oats.

Makanan untuk penderita diabetes yang cocok untuk dikonsumsi adalah daging tanpa lemak yang dimasak atau diolah selain digoreng. Anda dapat memilih cara pemasakan dengan dikukus, direbus, dibakar ataupun dipanggang. Cara pengolahan paling baik adalah dengan cara dikukus ataupun direbus sehingga kandungan gizi tidak banyak yang hilang. Penyajian daging dengan cara digoreng tidak disarankan karena makanan berminyak dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan hal tersebut tidak baik untuk tubuh penderita diabetes.

Ketiga adalah mengkonsumsi sayuran seperti brokoli dan bayam. Sayuran tersebut dapat diproses dengan cara dikukus, direbus, dipanggang ataupun dikonsumsi langsung atau mentah. Makanan lainnya yang dapat dikonsumsi yaitu:

  • Kacang-kacangan misalnya makanan dari kacang kedelai seperti tahu yang dapat dijadikan sup, di tumis, dikukus.
  • Olahan susu yang rendah lemak.
  • Telur.
  • Ikan tuna, salmon, makarel dan sarden. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan kandungan merkuri pada ikan. Hindari ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi seperti ikan tongkol.
  • Popcorn tawar.

Pemilihan beras merah sebagai makanan untuk penyandang diabetes yang dapat dikonsumsi dikarenakan di dalam beras merah terdapat kandungan karbohidrat kompleks. Selain itu, beras merah memiliki kandungan gula yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih yang dapat menaikkan kadar gula dalam darah secara drastis. Anda dapat memilih Tropicana Slim Beras Merah Organic yang diproduksi bebas dari bahan kimia yang berbahaya dan pestisida. Beras merah mengandung serat lebih banyak dibandingkan beras putih sehingga memiliki sistem pencernaan yang lebih baik. Tropicana Slim beras merah organik juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga dapat mengontrol kadar gula darah. Jadi, pilih Tropicana Slim beras merah organik untuk kadar gula tetap terkontrol dengan baik dan hidup lebih sehat!

Baca juga: Cara Mencegah Flu Secara Alami