Cara Mencegah Flu

Cara Mencegah Flu Secara Alami

Kesehatankita.net – Sebagai negara kepulauan yang berada di daerah tropis membuat iklim di Indonesia bersifat hangat dan lembab, apalagi saat musim hujan dimana intensitas hari hujan meningkat drastis sehingga meningkatkan resiko terserang berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk hingga deman. Gejala flu tidak boleh disepelekan begitu saja, jadi anda harus tahu berbagai cara mencegah flu secara alami agar tidak mudah terserang penyakit yang menjengkelkan tersebut.

4 Cara Terbaik Mencegah Terjadinya Flu Secara Alami

Tahukah anda bahwa penyakit flu yang menyerang seseorang bisa menjadi awal malapetaka buruk mengingat flu berat apabila tidak diatasi berpotensi memicu munculnya keluhan kesehatan lain seperti batuk kronis hingga demam. Untuk itu, silakan simak 4 cara mencegah flu secara alami berikut ini.

  • Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan

Flu disebabkan oleh serangan virus dan bakteri sehingga langkah awa yang harus dilakukan guna mencegah terjadinya flu yakni dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun Lifebouy sebelum ataupun sesudah makan. Tidak hanya itu saja kebersihan pakaian serta lingkungan sekitar tempat tinggal wajib diperhatikan sehingga peluang seseorang terserang flu dapat diminimalisir.

  • Hindari Kontak Langsung Dengan Penderita

Bila salah satu anggota keluarga terserang flu maka lambat laun akan menular ke seluruh anggota keluarga lainnya. Apabila anda terserang flu maka sebaiknya jangan mencium ataupun memeluk anak karena virus flu dengan mudahnya menular melalui media udara, itulah sebabnya penderita flu harus di karantina.

  • Konsumsi Makan Sehat Dan Minum Yang Cukup

Perbanyak konsumsi sayur dan buah karena mengandung banyak vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sistem imun yang kuat. Selain itu anda juga disarankan minum sedikitnya 8 gelas setiap hari supaya terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Bila sampai kekurangan cairan maka daya tahan tubuh akan menurun sehingga rentan terserang penyakit.

  • Istirahat Yang Cukup

Orang dewasa setidaknya memerlukan waktu istirahat selama 7 hingga 8 jam setiap hari. Dengan melakukan istirahat yang cukup maka dapat membantu menstabilkan kinerja metabolisme dalam tubuh termasuk hormon serta memulihkan stamina. Konsumsi makanan yang sehat juga harus dibarengi dengan pola tidur yang seimbang supaya kesehatan tubuh selalu terjaga.

Itulah beberapa cara mencegah flu dengan melakukan tindakan yang mudah dilakukan. Yang perlu kita lakukan hanyalah konsisten dalam menerapkan-nya dalam kehidupan sehari hari. Semoga informasi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat bagi pembaca.

Baca juga: Makanan yang Baik untuk Perkembangan Janin