5 Asupan Gizi Ibu Hamil yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Bayi

5 Asupan Gizi Ibu Hamil yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Bayi

Kesehatankita.net – Ibu yang tengah hamil tentunya sangat penting untuk menyiapkan berbagai hal. Salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan untuk disiapkan oleh ibu adalah kesehatan ibu semasa hamil dan juga si kecil yang tengah berada di kandungan. Dengan cara apa ? Tentunya dengan cara memenuhi asupan gizi ibu hamil secara optimal dengan mengomsi berbagai menu makanan yang mumpuni untuk memenuhi asupan gizi ibu hamil. Lalu ? Makanan apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil ? Berikut ini ada 5 asupan gizi ibu hamil yang bermanfaat untuk kesehatan buah hati yang sedang dikandungnya.

1. Nasi Merah

Menu makanan pertama yang baik untuk memenuhi asupan gizi ibu hamil dan bermanfaat untuk kesehatan si bayi yang dikandungnya adalah nasi merah. Nasi merah memiliki kandungan serat, vitamin B serta juga zat besi yang tinggi. Indeks glikemik yang dimiliki oleh nasi merah pun rendah, sehingga bisa untuk membantu ibu hamil merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Kemudian vitamin B yang ada memiliki fungsi sebagai kesehatan sistem saraf serta produksi sel-sel darah merah, yang mana nanti juga berpengaruh pada tumbuh kembang bayi secara optimal.

2. Sayuran Hijau

Selain nasi, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, ataupun sawi memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga bayinya. Sayuran hijau kaya akan serat, zat besi, vitamin C, juga folat. Zat besi yang berkurang ketika ibu sedang hamil bisa diatasi dengan mengonsumsi sayuran hijau. Folat sendiri yang ada pada sayuran hijau diperlukan dalam membantu tumbuh kembang bayi di dalam kandungan ibu.

3. Stroberi

Stroberi memiliki antioksidan yang dapat membantu untuk melindungi bayi yang dikandung oleh ibu dari resiko mengalami obesitas ataupun diabetes tipe 2. Selain antioksidan, stroberi juga memiliki kandungan folat, vitamin C dan juga serat yang sangat baik untuk kesehatan ibu di masa kehamilannya.

4. Kiwi

Selain stroberi, buah yang memiliki kandungan antioksidan dan juga vitamin C yang sangat baik untuk ibu hamil dan juga kesehatan bayi yang dikandungnya ialah buah kiwi. Bahkan kandungan vitamin C pada buah kiwi lebih baik dari jeruk.

5. Ubi

Satu makanan lagi yang bermanfaat untuk kesehatan ibu dan bayi adalah ubi. Ubi memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, serat juga antioksidan. Selain itu juga ubi memiliki kandungan karbohidrat yang bisa membantu ibu hamil merasa kenyang.

Pada masa kehamilannya, persiapan yang juga tidak ketinggalan untuk disediakan oleh ibu hamil adalah perlengkapan bayi. Mulai dari pakaian, tempat tidur, sampai dengan perlengkapan perawatan bayi. Kemudian perlu diingat juga, pilihlah perlengkapan untuk merawat bayi secara tepat, seperti Zwitsal Baby yang memang merupakan produk perawatan yang diformulasikan khusus untuk bayi.

Konsultasi Kesehatan Anak Mengenai Anak yang Pendiam