Jenis-jenis Kuman di Tangan

Jenis-jenis Kuman di Tangan

Tangan merupakan salah satu organ penting bagi manusia. Manusia membutuhkan tangan untuk melakukan berbagai aktivitas misalnya untuk menyentuh atau menggenggam sesuatu. Dibalik peran penting tangan dalam kehidupan manusia, ternyata tangan juga merupakan tempat sumber kuman. Kuman tersebut bisa menyebabkan penyakit jika masuk ke dalam tubuh. Karena itulah kuman di tangan harus segera dibasmi agar tidak menyebabkan penyakit tertentu pada manusia.

Istilah kuman yang dikenal di masyarakat merujuk pada organisme mikro yang menyebabkan penyakit. Meskipun ada juga yang menganggap bahwa kuman hanya organisme mikro dari jenis bakteri, namun ada juga yang berpendapat bahwa kuman mencakup organisme mikro yang lain. Ada banyak kemungkinan mengenai apa saja kuman yang ada di tangan karena jenis organisme mikro sangat banyak. Namun, kuman termasuk kuman di tangan bisa digolongkan menjadi kelompok-kelompok besar yaitu sebagai berikut:

  • Bakteri

Bakteri adalah makhluk hidup bersel tunggal. Bakteri sebenarnya banyak terdapat dalam tubuh manusia dan membantu proses metabolisme manusia, namun beberapa bakteri juga bisa menyebabkan penyakit seperti pneumonia, tuberkulosis, antraks dan sebagainya.

  • Fungi

Fungi atau disebut juga sebagai jamur adalah organisme mikro yang bisa membentuk filamen. Fungi penyebab penyakit pada manusia umumnya menyerang jaringan kulit seperti kadas, kandidiasis dan kutu air.

  • Protozoa

Protozoa merupakan makhluk hidup bersel satu yang memiliki inti sel lebih dari satu. Selain hidup sebagai organisme yang bebas, beberapa protozoa setidaknya sepertiga dari semua jenis protozoa merupakan parasit.

  • Virus

Dalam ilmu biologi, virus sebenarnya tidak termasuk dalam gologan makhluk hidup karena tidak bisa bereproduksi tanpa bantuan inang. Virus yang banyak menyerang manusia adalah influenza, polio, ebola dan lain-lain.

Kuman di tangan harus segera diatasi dengan cara mencuci tangan. Pasalnya, tangan terlibat dalam aktivitas makan. Jika tangan yang mengandung kuman digunakan untuk makan, maka kuman akan mudah masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, Anda harus mencuci tangan Anda dengan sabun anti kuman seperti Lifebuoy untuk membersihkan tangan dari kuman.