Cara Menghemat Energi dengan Mudah Setiap Hari

Cara menghemat energi listrik harus menjadi perhatian bagi ibu rumah tangga. Anda pasti tahu kalau keluarga anda sangat bergantung pada energi listrik. Selain memanfaatkannya untuk penerangan, anda dan keluarga memanfaatkannya untuk alat elektronik. Sebuah rumah sekarang ini kebanyakan memiliki handphone, televisi, setrika, dan kipas angin. Ada juga rumah yang memiliki lemari es, AC, laptop, vacum cleaner, dispenser, mesin cuci, dan sebagainya. Semakin banyak anda memanfaatkan listrik, semakin besar pula tagihan listrik anda. Oleh karena itu, perlu trik khusus untuk menghemat energi.

Menghemat energi bukan hanya sekedar untuk mengurangi tagihan listrik saja, melainkan ikut menjaga ketersediaan energi listrik untuk generasi penerus. Beberapa cara menghemat energi listrik yang bisa anda lakukan adalah:

1. Gunakan lampu neon, yang lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu bohlam.
2. Matikan semua lampu pada siang hari, gunakan saja pencahayaan langsung dari sinar matahari.
3. Matikan lampu yang tak berfungsi di malam hari.
4. Matikan televisi, kran, dispenser, jika sudah tak digunakan.
5. Usahakan untuk lebih memanfaatkan laptop dari pada komputer karena komputer lebih banyak menyedot daya listrik, terutama di malam hari.
6. Mengunakan perlengkapan rumah tangga yang ramah terhadap lingkungan dan hemat energi seperti lemari es, AC, kipas angin, mesin cuci, dan sebagainya.

Kaitannya dengan mesin cuci, sekarang banyak rumah tangga yang memanfaatkannya karena lebih praktis dan hemat tenaga. Supaya gerakan hemat energi yang sedang anda lakukan bisa berjalan dengan maksimal, anda juga harus memilih mesin cuci yang hemat energi. Pilihlah mesin cuci yang daya lisriknya rendah, dan ramah terhadap lingkungan. Selain itu, penggunaan detergen juga turut menentukan program hemat energi anda. Pilihlah detergen Rinso yang kemampuan membersihkan nodanya sangat maksimal. Tak perlu terlalu banyak memberi detergen, cucian sudah bersih. Hal ini tentu berpengaruh ke proses pencucian yang lebih cepat, lebih hemat air, dan hemat listrik tentunya. Belum lagi bahan-bahan yang terkandung dalam Rinso membuat limbahnya mudah larut. Semoga info cara menghemat energi ini bermanfaat.