Cara Membasmi Kuman di Tangan

Cara Membasmi Kuman di Tangan

Kuman adalah makhluk hidup kasat mata yang biasa dikenal sebagai makhluk hidup penyebab penyakit. Sebenarnya, kuman merupakan istilah yang dikenal oleh orang awam. Kuman yang dikenal oleh orang awam adalah organisme mikro yang dikenal sebagai bakteri. Kuman ini bisa hidup bebas di mana saja termasuk di tangan. Kuman di tangan yang tidak dibersihkan akan bisa menimbulkan gangguan atau penyakit pada tubuh.

Kuman atau bakteri merupakan organisme mikro yang hanya memiliki satu sel. Ukurannya yang sangat kecil membuat Anda tidak bisa melihat kuman secara langsung sehingga meskipun kuman banyak tersebar di sekitar Anda, Anda tetap tidak bisa melihatnya. Kuman memiliki kemampuan spesial yaitu bisa memperbanyak diri dengan sangat cepat dalam waktu yang sangat singkat. Kemampuan inilah yang berperan besar dalam proses terjadinya suatu penyakit. Tanpa kemampuan ini, keberadaan kuman mungkin tidak akan bertahan lama di bumi dan kuman juga tidak akan mampu menyebabkan penyakit pada manusia. Namun, kenyataannya kuman mampu menyebabkan penyakit pada manusia meskipun ukurannya kecil. Karena itulah Anda tidak boleh meremehkan kuman hanya karena ukurannya yang kecil. Selain karena kemampuan memperbanyak diri yang luar biasa cepat, kuman juga bisa menghasilkan racun atau toksin sehingga jika kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan manusia sakit. Salah satu sumber kuman adalah tangan. Bentuk tangan manusia yang memiliki banyak celah yang sukit dijangkau seperti kuku dan sela-sela jari membuat kuman di tangan bebas berkembang. Selain itu, fungsi utama tangan juga memungkinkan tangan menjadi sumber kuman karena tangan dipakai untuk menyentuh berbagai barang dalam aktivitas sehari-hari.

Membebaskan diri dari kuman termasuk kuman di tangan memang hal yang sulit untuk dilakukan karena kuman banyak terdapat di mana-mana. Namun, setidaknya Anda bisa mengurangi resiko terkena penyakit akibat kuman dengan cara sering mencuci tangan. Anda bisa menggunakan sabun seperti Lifebuoy untuk mendapatkan hasil yang masksimal. Dengan Lifebuoy, keberadaan kuman pada tangan bisa banyak berkurang.