penyebab penyakit mencret pada bayi

Penyebab Mencret Pada Bayi

Bayi memang sangat rentang sekali terhadap serangan penyakit karena imunitasnya yang masih belum maksimal dan berjalan dengan normal. Salah satu gangguan yang sering terjadi pada bayi adalah mecret atau diare. Biasanya bayi akan mengeluarkan feses atau BAB hampir saat setelah makan atau setalah menyusui, hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi yang masih belum berjalan dengan sempurna dan masih belum dapat menyerap nutrisi dari makanan dengan sempurna. Kebanyakan penyebab mencret pada bayi adalah makanan dan juga kebersihan sekitarnya yang membuat bayi sering mengalami mencret. Hampir semua orang tua tidak bisa membedakan saat bayinya mengalami mencret atau tidak tetapi semua itu bisa dilihat dari bentuk feses di bayi, jika feses si bayi yang semulanya berbentuk cair atau lembek kemudian berubah menjadi sedikit padat maka bisa jadi si bayi menderita mencret dan harus segera diatasi jika tidak segera diatasi maka akan menimbulkan dehidrasi yang dapat memperparah kondisi si bayi. Menurut penelitian mengatakan bahwa penyebab mencret pada bayi bisa diakibatkan karena infeksi virus atau bakteri, makanan, antibiotic, kebersihan.

Penyebab Diare yang Terjadi Pada Bayi

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi jus
    Di dalam jus terdapat kandungan sorbitol dan juga fruktosa yang tinggi, bisa juga terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang manis karena dapat menganggu sistem pencernaan bayi dan dapat membuat bayi menjadi diare.
  1. Infeksi bakteri
    Infeksi terhadap bakteri juga bisa menjadi hal yang paling utama dalam penyebaran bakteri diare seperti E.Coli, shigella, salmonella. Jika bayi terserang bakteri diare bisa saja si bayi mengalami feses yang keluar dengan darah disertai dengan demam.
  1. Alergi makanan
    Selain dari bakteri si bayi juga bisa terkena diare karena alergi pada makanan seperti contoh alergi terhadap susu yang membuat pencernaan si bayi terganggu dan menyebabkan mencret yang berlebihan pada si bayi.

Dari beberapa penyebab diare diatas maka sebaiknya kita menjaga kesehatan si bayi selalu dan dengan mengkontrol makanan yang masuk, selain itu membersihkan sekitar lingkungan dengan cara mencuci tangan si bayi menggunakan sabun Lifebuoy karena kandungan sabun Lifebuoy terdapat antiseptik yang dapat melindungi si bayi dari berbagai bakteri dan virus penyebab diare.