Kenali Gejala Hipertensi Pada Lansia

Kenali Gejala Hipertensi Pada Lansia

Untuk mengetahui gejala penyakit hipertensi, anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian hipertensi itu sendiri. Hipertensi atau sering kita kenal dengan sebutan tekanan darah tinggi, merupakan gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat terjadi baik pada perempuan ataupun laki-laki, dan penyakit ini pun tidak hanya terjadi pada usia yang sudah renta saja, mereka yang baru menginjak usia dewasa pun dapat mengalami hipertensi. Maka dari itu, sebaiknya kenali dari mulai saat ini apa saja gejala hipertensi, karena terkadang ketidaktahuan akan menyebabkan penyakit tersebut terlambat untuk mendapatkan penanganan dan yang ada akan semakin memperparah keadaan. Dan jangan biarkan hal tersebut terjadi pada diri anda.

Berikut ini adalah beberapa gejala hipertensi pada lansia yang dapat anda kenali antara lain meliputi :

  1. Merasakan sakit kepala yang disertai pusing
  2. Perasaan mual dan bahkan ingin muntah
  3. Terjadinya gangguan pada penglihatan, sehingga penglihatan menjadi kurang jelas atau buram
  4. Mudah merasakan lelah ketika beraktivitas
  5. Emosi menjadi tidak stabil, sehingga mudah sekali marah

Hal di atas merupakan sebagian besar gejala yang bisa timbul. Hipertensi ini akan berakibat sangat fatal apabila tidak ditangani dan tidak dikontrol dengan baik, yang kemudian akan menimbulkan serangan jantung, stroke dan bahkan kematian. Oleh karena itu mulailah untuk lebih memperhatikan kesehatan anda dan seringlah untuk melakukan tes kesehatan semisal melakukan tensi darah di pusat kesehatan daerah anda. Agar penyakit atau gangguan yang ada dalam tubuh anda akan segera terdeteksi dan kemudian akan mendapatkan penanganan yang lebih lanjut sehingga penyakit ataupun gangguan tersebut akan dapat segera terobati. Berbeda dengan menunda-nunda untuk mengobati penyakit atau gangguan yang ada dalam tubuh anda, akan semakin sulit untuk diobati.

Dan untuk lebih baik lagi, anda sebaiknya mencegah hipertensi ini datang dan mengganggu kesehatan tubuh anda. Dengan berbagai cara yang dapat dengan mudah anda lakukan, diantaranya dengan merubah gaya hidup misalnya: tidak begadang hingga larut malam tanpa sebab yang jelas, sering melakukan senam atau olahraga rutin. Kemudian atur pola makan anda, dan lain sebagainya.