kuman bakteri patogen

jenis kuman atau bakteri patogen dan penyakit yang dapat diakibatkannya

Terdapat beragam jenis dari bakteri salah satunya adalah datang dari kelompok patogenik. Untuk memulai memahami kelompok dari bakteri yang berjenis ini, dapat anda mulai dengan istilah patogenik. Secara harfiah, istilah tersebut berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya adalah penyebab penderitaan. Jadi sederhananya adalah bakteri yang berjenis ini adalah jenis bakteri yang menjadi sumber penyakit atau penderitaan. Terdapat sebuah kajian yang sangat lengkap mengatakan bahwa bakteri dengan jenis ini merupakan biang penyakit pada makhluk hidup. Bakteri ini bekerja dengan menyerang atau menginfeksi organisme sehingga memunculkan gejala-gejala yang tidak biasanya atau lebih dikenal dengan gejala suatu penyakit. Sebagian besar dari bakteri yang berjenis ini tidak terasa jika berada di dalam tubuh. Akan tetapi tidak jarang juga dapat menyebabkan penyakit-penyakit serius seperti flu burung, flu babi, HIV atau AIDS , dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu, anda harus mengetahui apa saja jenis jenis kuman atau bakteri patogen.

Dalam sebuah kajian ilmu biologi, terdapat pendapat yang mengatakan bahwa organisme yang memiliki jenis yang sangat patogen sajalah yang dapat menyebabkan penyakit terhadap makhluk hidup, sementara yang lainnya tidak menyebabkan apapun. Bakteri yang jarang ataupun bahkan tidak menyebabkan suatu penyakit dikenal dengan istilah patogen oportunis. Bakteri tersebut tidak menyebabkan ataupun menimbulkan suatu penyakit pada makhluk hidup dengan syarat daya tahan tubuh yang dimilikinya masih baik. Jadi intinya penyerangan dari bakteri ini akan berhasil jika sistem kekebalan tubuh makhluk hidup yang diserangnya itu sedang lemah, akan tetapi jika kuat maka makhluk hidup yang diserangnya tadi tidak akan terserang penyakit apapun.

Berikut ini adalah jenis jenis kuman atau bakteri patogen dan penyakit yang dapat diakibatkan nya.

  1. Diplococcus pneumoniae – Pneumonia (radang paru-paru)
  2. Salmonella typhosa – Tifus
  3. Neiseria meningitis – Meningitis (radang selaput otak)
  4. Neiseria gonorrhoeae – Gonorrhaeae (kencing nanah)
  5. Mycobacterium leprae – Lepra (kusta)
  6. Treponemo pertenue – Puru atau patek
  7. Shigello dysenteriae – Disentri basiter
  8. Vibrio comma – Kolera
  9. Haemophilus influenza – Influensa
  10. Mycobacterium tuberculosis – TBC paru-paru
  11. Treponema pallidum – Sifilis atau Lues atau raja singa
  12. Clostridium tetani – Tetanus

Oleh karena itu, agar terhindar dari kuman atau bakteri penyebab penyakit maka biasakan mencuci tangan menggunan sabun dari Lifebuoy yang dapat membunuh kuman penyebab penyakit.