Gejala Diabetes Dan Cara Mengatasi

Diabetes atau orang juga sering menyebutnya sebagai penyakit kencing manis ialah penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah seseorang atau penderitanya, atau dengan kata lain ini merupakan salah satu ciri dari penyakit ini tersebut. Bagi anda yang memiliki risiko untuk menderita penyakit ini, tentunya anda wajib mengetahui gejala dari penyakit ini agar anda dapat melakukan pencegahan terlebih dahulu sehingga anda dapat terhindar dari penyakit diabetes ini. Oleh karena itu, simaklah penjelasan dibawah ini mengenai gejala diabetes.

Gejala diabetes sendiri sebenarnya cukup banyak akan tetapi terdapat 5 gejala paling umum yang wajib anda ketahui. Berikut ini adalah gejala-gejalanya.

1. Meningkatnya kadar gula dalam darah

Meningkatnya kadar gula dalam darah biasanya seringkali disalah artikan sebagai salah satu penyebab penyakit kencing manis ini. Namun pada kenyataannya lonjakan dari kadar gula darah ini terjadi karena gangguan produksi insulin ataupun gangguan fungsi insulin ataupun kombinasi dari keduanya.

2. Mengalami poliuri

Ini merupakan istilah atau nama lain dari seringnya buang air kecil. Seorang penderita diabetes seringkali buang air kecil ini karena ginjal sudah tidak mampu lagi untuk menahan kelebihan kadar gula dalam darah karena akibat dari tidak terkontrolnya pelepasan gula ke dalam aliran darah.

3. Polidipsi

Istilah tersebut adalah istilah lain dari banyak minum yang merupakan efek dari meningkatnya kadar gula darah yang ujungnya terbuang bersama dengan banyak cairan tubuh. Karena banyak cairan tubuh yang terbuang maka harus segera dihentikan digantikan, oleh karena itu penderita diabetes akan banyak minum.

4. Polifagi

Istilah lain dari banyak makan yang merupakan efek dari kurang terpenuhinya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh membuat para penderita diabetes lebih gemar makan karena gula yang seharusnya dipecah menjadi energi terbuang sehingga akan terus merasakan lapar.

5. Memiliki tubuh yang lemas

Karena gula terbuang bersama urine maka tentunya penderita diabetes akan kekurangan nutrisi sehingga tubuhnya akan menjadi lemas dan tidak bertenaga.

Itulah gejala yang seringkali atau gejala umum dari penyakit diabetes. Untuk cara mengatasi sendiri cukup mudah yaitu melakukan pola hidup sehat dan kurangi makanan yang mengandung gula yang cukup tinggi. Selain itu, konsumsilah jus jeruk untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Untuk itulah konsumsilah jus jeruk dari Tropicana.