Diet Sehat Untuk Penyakit Hipertensi

Diet Sehat Untuk Penyakit Hipertensi

Menu diet rendah garam – Penyakit hipertensi merupakan penyakit yang dapat ditimbulkan karena faktor gen atau faktor keturunan. Gejala dan keluhan yang terjadi pada penderita hipertensi biasanya rasa nyeri pada bagian belakang kepala, penglihatan kabur, mimisan, otot melemah, mual hingga muntah. Pada sebagian orang konsumsi sodium atau garam yang berlebihan dapat mengakibatkan penyakit hipertensi. Garam telah terbukti dapat meningkatkan tekanan darah pada seseorang. Hal ini menjadikan anda harus memperhatikan penggunaan garam dalam makanan mauoun minuman yang akan dikonsumsi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah seorang vegetarian lebih rendah dibandingkan dengan non vegetarian. Makanan seorang vegetarian yang kaya serat dan rendah lemak dapat menurunkan tekanan darah sekitar 10% meskipun asupan garan tidak dikurangi.

Untuk mencegah mauppun mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi ini dapt dilakukan dengan cara diet hipertensi. Pada sebagian orang yang melakukan diet ini yaitu dengan mengkonsumi menu diet rendah garam yang dapat membuat tekanan darah mejadi tinggi. Beberapa manfaat mengurangi garam pada makanan maupun minuman antara lain :

  • Bagi seseorang yang memiliki faktor – faktor akan penyakit hipertensi mengurangi asupan garam dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya penyakit hipertensi.
  • Bagi seseorang yang menderita penyakit hipertensi mengurangi asupan garam dapat mengendalikan tekanan darah di dalam tubuh.
  • Bagi seseorang yang menderita penyakit hipertensi yang memerlukan pengobatan farmakologis mengurangi asuoan garam dapat meningkatkan efektivitas obat yang digunakan.

Kandungan natrium atau garam yang berlebih biasanya terdapat pada makan dam minuman cepat saji atau instan seperti soft drink dan lain sebagainya. Anda dapat menghindari konsumsi soft drink tersebut dan menggantinya dengan minum air putih, kopi atau teh. Untuk pemanis anda dapat menggunakan tropicana gula renda kalori yang baik untuk kesehatan anda. Apapun jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi pengurangan asupan natrium akan dapat membantu dalam proses penurunan tekanand darah yang tinggi. Penurunan tekanan darah akan semakin efektif jika dibarengi dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur.