4 Jenis Asuransi Indonesia yang Jarang Dikenal

4 Jenis Asuransi Indonesia yang Jarang Dikenal

Industri asuransi Indonesia mesti bersiap hadapi beberapa tantangan termasuk juga pergantian tujuan pasar.

Mengingat, satu tahun lebih ke depan, prospek usaha asuransi di Indonesia masih tetap sangatlah menjanjikan, menyusul jumlah masyarakat yang sangatlah besar, sekarang ini meraih seputar 250 juta jiwa, sesaat dalam periode penetrasi industri asuransi di Indonesia masih tetap minim.

Ya, menjadi bagian lembaga keuangan non bank, selama ini asuransi lebih dikenal sebagai alternatif di dalam investasi yang baik sekaligus mampu membantu masyarakat dalam meminimalisir munculnya resiko dari kejadian yang tidak terduga. Sementara sebenarnya definisi dari asuransi sendiri adalah sebuah perjanjian yang terjadi diantara penyedia jasa asuransi (penanggung) dengan masyarakat yang memegang polis (tertanggung). Fungsinya sendiri adalah untuk menangani resiko kehilangan, kematian, kerugian maupun kehilangan keuntungan. Sayangnya ada beberapa asuransi Indonesia yang nyatanya sangat jarang dikenal oleh masyarakat ketika membeli polis asuransi.

Asuransi apa sajakah yang masih minim didengarkan oleh kalangan masyarakat? Inilah asuransi Indonesia yang dimaksud.

Asuransi perjalanan

Apakah Anda merupakan seseorang yang gemar melakukan perjalanan jauh, terutama perjalanan ke luar negeri? Lantas apakah Anda sudah memiliki polis untuk asuransi perjalanan? Fungsi asuransi ini secara keseluruhan sebenarnya tidak begitu berbeda dengan asuransi umum sebagai proteksi pada nasabah di dalam jangka waktu pendek yakni selama pemilik premi melakukan perjalanan sampai nanti kembali dari perjalanan. Sementara manfaat dari asuransi perjalanan bagi pembeli premi yakni untuk memberikan proteksi sekaligus penanggungan biaya kecelakaan, tanggungan biaya darurat untuk pengobatan maupun juga proteksi pada barang-barang yang dibawa oleh pemegang premi.

Asuransi kredit

Asuransi yang ada di Indonesia ini memberikan proteksi atas adanya resiko terhadap kegagalan debitur dalam melunasi kredit maupun pinjaman tunai layaknya modal kerja, pinjaman perdagangan dan lain sebagainya. Di dalam asuransi ini sendiri berhubungan erat dengan jasa perbankan, terutama dalam dunia pinjaman atau perkreditan. Seperti yang Anda ketahui, kredit sendiri merupakan pinjaman yang berupa dana baik itu diberikan oleh bank atau lembaga keuangan sebagai pemberi kredit pada nasabahnya.

Asuransi kepemilikan properti dan rumah

Sebagai salah satu aset yang memiliki nilai cukup berharga memang biasanya pemilik rumah dapat melindungi aset dan dirinya menggunakan asuransi kepemilikan properti dan rumah. Fungsi utama dari asuransi Indonesia ini tentu saja memberikan proteksi kerusakan atau kehilangan yang mungkin saja akan terjadi pada barang-barang milik pemegang premi. Sangat berguna dalam memberikan perlindungan dan keringanan ketika properti atau rumah tertanggung mengalami musibah di dalam bentuk lainnya semacam kebakaran. Hanya saja asuransi ini justru tidak begitu dikenal masyarakat.

Selain yang awam kita dengar seperti asuransi kesehatan, jiwa, ataupun pendidikan. Hal diatas juga haruslah Anda pahami ternyata masih ada asuransi lain yang masih minim didengar.