Beberapa Cara Yang Salah Dalam Mengobati Luka Bakar Yang Sering Dilakukan

Beberapa Cara Yang Salah Dalam Mengobati Luka Bakar Yang Sering Dilakukan

Luka akibat terbakar atau terkena benda panas baik itu api, listrik dan bahan kimia, akan menimbulkan bekas luka yang susah hilang. Hal ini diakibatkan oleh penanganan dan pengobatan yang salah pada luka tersebut. Penanganan yang baik akan membantu penyembuhan luka bakar secara cepat dan tidak akan meninggalkan bekas luka yang besar dan terlihat jelas. Cara untuk mengatasi luka bakar yang salah banyak menimbulkan akibat yang buruk. Apa saja penanganan luka bakar yang salah?. Berikut ini cara yang salah dalam mengobati luka bakar.

1. Pasta Gigi

Banyak sekali kasus luka bakar yang malah diobati dengan menggunakan luka bakar. Menthol yang terdapat dalam pasta gigi memang akan memberikan efek dingin pada kulit. Namun tahukah anda jika memakai pasta gigi sebagai obat luka bakar dapat membahayakan kulit dan membuat luka semakin parah. Karena pasta gigi bukan menyerap panas justru malah bisa membuat panas semakin menyebar.

2. Oli

Selain pasta gigi, pengobatan luka bakar yang salah juga banyak yang memakai oli sebagai obat untuk menangani luka bakar. Padahal oli ini bisa memperparah luka yang diakibatkan oleh luka bakar. Oli memiliki sifat panas yang bisa memperparah luka bakar. Selain itu, oli juga bukan bahan yang steril. Jika terkena pada luka, banyak kuman yang justru memperpaha luka bakar tersebut.

3. Kecap

Kecap sebagai bahan makanan bukan sebagai obat luka bakar. Namun banyak sekali kasus luka bakar yang diobati dengan menggunakan kecap. Kecap bukan mengobati luka bakar malah mengakibatkan luka semakin memburuk. Kecap bukan barang yang steril. Setiap obat luka harus steril. Jika tidak steril, luka yang diobati akan semakin parah.

4. Minyak Kelapa

Cara mengatasi luka bakar yang salah selanjutnya ialah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa bersifat panas. Jika dipakai untuk mengobati luka bakar akan memperberat luka dan akan semakin besar dan lebar bukan mengobati luka. Luka yang diobati dengan minyak kelapa juga dapat menjadikan luka tetap basah dan lama sembuh.

Dari beberapa contoh diatas anda bisa meninggalkan pengobatan yang salah pada luka bakar. Penanganan yang tepat bisa membantu anda. Kebanyakan dari contoh diatas hanyalah mitos penyembuhan bukan melihat dari fakta yang ditimbulkan.