Teknik Dribble Dalam Permainan Bola Basket

Teknik Dribble Dalam Permainan Bola Basket

Hal penting dalam teknik dribble dalam permainan bola basket. Basket merupakan salah satu olahraga yang cukup populer dikalangan remaja. Permainan yang satu timnya diikuti oleh 5 orang ini dimainkan dalam sistem quarter, yaitu 4 x 10 menit dengan waktu itirahat 10 menit. Agar bisa menang dalam permainan bola basket, pemain harus memahami teknik dasar dalam bermain basket. Teknik dasar basket adalah catching dan passing. Namun selain keduanya, pemain basket juga harus menguasai dribble atau menggiring bola.

Agar bisa menguasai dribble, ada beberapa hal yang harus diketahui dan dikuasai dalam permainan bola basket, berikut dibawah ini tipsnya:

1. Mengontrol

Dalam cara pertaman ini adalah mengontrol jari-jari tangan yang bertujuan untuk mengontrol bola agar bola tidak bergerak dengan liar. Karena itu, kita harus berlatih mengontrol jari-jari kita.

2. Mempertahankan

Kedua adalah mempertahankan tubuh agar tetap rendah, atau tidah terlalu tegap. Ketiga adalah menegakan kepala. Walapun tubuh rendah, namun kepala harus tetaptegak agar bisa mengetahui lawan kita. Keempat adalah melatih kedua tangan agar keduanya sama-sama mampu dribble dengan bagus, karena dalam permainan bola basket, kita sering mengganti dribble dengan tangan kanan kiri kita untuk mengecoh lawan. Terakhir adalah melindungi bola. Saat melakukan dribble, kita juga harus melindungi bola agar tidak dapat direbut oleh lawan. Untuk teknik sendiri ada bermacam-macam, yang pertama adalah change of pace dribble yang menggunakan kombinasi tangan kiri dan kanan. Kedua adalah low control dribble yang digunakan untuk mengatur tempo permainan serta penguasaan bolanya maksimal.

3. High speed dribble

Ketiga adalah high speed dribble yang digunakan untuk counter attack.

4. Crossover dribble

Keempat crossover dribble yang dilakukan secara menyilang untuk mengecoh lawan dan menyulitkan lawan memprediksi arah bola.

5. Behind the back dribble

Kelima behind the back dribble yang bertujuan untuk melindungi bola dengan menempatkan bola dibelakang. Salah satu teknik yang sulit.

6. Spin dribble

Terakhir adalah spin dribble dan terakhir between the legs dribble dengan menempatkan bola didepan kaki. Itulah hal penting dan teknik utama dribble dalam permainan bola basket. Selain teknik yang sempurna, mempunya tubuh dan otot yang bagus juga penting dalam basket. Karena itulah, mengkonsumsi L-Men bisa dijadikan pilihan karena L-Men mengandung protein yang tinggi dan juga Lysine serta Leucine untuk meningkatkan massa otot.