Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Menerapkan 7 Cara Jitu Berikut Ini

Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Menerapkan 7 Cara Jitu Berikut Ini

Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Menerapkan 7 Cara Jitu Berikut Ini – Jantung menjadi jenis penyakit kronis yang harus semakin diwaspadai. Pasalnya tingkat kematian akibat penyakit kronis tersebut setiap tahunnya cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Melihat fenomena ini, sudah sewajarnya setiap orang untuk mengerti dan paham bagaimana cara mencegah penyakit jantung yang tepat serta efektif supaya dapat lebih menghindarinya sejak dini. Banyak sebab musabab yang melatar belakangi seseorang bisa sampai terkena penyakit jantung dimana salah satu faktor utamanya adalah akibat pola hidup yang tidak sehat.

Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Menerapkan 7 Cara Jitu Berikut Ini

Ada beberapa kategori dari penyakit jantung itu sendiri, satu diantaranya adalah seperti jantung koroner. Jantung koroner disebabkan karena adanya gangguan berupa penyumbatan pada pembuluh darah jantung oleh plak. Hingga sekarang ini belum ada satu cara pun yang dapat digunakan untuk mendeteksi serangan jantung yang akan terjadi secara pasti dimana yang baru bisa diketahuinya hanya dari faktor resiko terkait gangguan penyakit tersebut saja. Faktor resiko terkait serangan jantung koroner yang dimaksud dan masih bisa dilakukan upaya pengontrolan adalah kadar kolesterol, tingkat tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, obesitas, serta gaya hidup yang tidak aktif.

Apapun kategori penyakit jantung tersebut semuanya wajib diwaspadai, karena jika sudah sampai diderita akan sangat diperlukan penanganan yang serius. Kelalaian dan penanganan yang sembarangan terhadap penyakit kronis tersebut dapat menjadi satu faktor ancaman yang dapat membahayakan keselamatan jiwa si penderita sendiri. Setidaknya terdapat 7 cara jitu sebagai cara mencegah penyakit jantung yang dapat diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat dapat menjadi tameng jitu dan ampuh terhadap serangan penyakit jantung. Prinsip dasar dari pola makan sehat untuk menjaga kesehatan jantung tersebut ialah banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, memperhatikan asupan protein, memperbanyak makanan yang kaya gandum, menghindari makanan yang banyak mengandung garam serta lemak saturasi, dan juga memperbanyak mengolah makanan dengan cara direbus, dikukus, ataupun dipanggang daripada mengolahnya dengan cara digoreng.

Baca juga : PENYAKIT JANTUNG DAN CARA PENCEGAHANNYA

2. Menghindari dan Menghentikan Kebiasaan Merokok

Merokok tergolong kebiasaan buruk yang sudah sepantasnya di tinggalkan karena dapat berefek buruk terhadap kesehatan jantung dimana dapat meningkatkan perkembangan plak lemak dalam pembuluh jantung koroner.

3. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Dengan berolahraga dapat lebih menjaga kestabilan berat badan sehingga resiko penyakit jantung pun bisa lebih diturunkan.

4. Menjaga Berat Badan yang Ideal

Jagalah berat badan ideal untuk menurunkan resiko serangan jantung. Apabila memiliki berat yang berlebih segera lakukan upaya penurunan berat badan agar tubuh lebih bugar dan sehat.

5. Menghindari Stress

Stress memang dapat menjadi satu pemicu timbulnya penyakit jantung sehingga sedapat mungkin untuk dapat menurunkannya dengan segera ketika rasa stress tersebut melanda.

6. Rutin Melakukan Kontrol Kesehatan ke Dokter

Rajin memeriksakan dan mengontrol kesehatan tubuh pada dokter dinilai lebih baik dan dapat mencegah berbagai penyakit lebih dini termasuk dengan penyakit jantung.

7.       Menjauhi Alkohol

Alkohol memang sangat tidak baik bagi kesehatan apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan karena dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dimana pada akhirnya dapat juga berujung pada peningkatan resiko penyakit jantung.