penyakit yang disebabkan oleh virus

Tips Menghindari dan Mengobati Penyakit Diare Pada Balita

Diare merupakan penyebab nomor satu terhadap kematian balita di seluruh dunia, hal ini dilihat berdasarkan data yang diperoleh dari WHO. Di Indonesia, diare merupakan penyebab kematian kedua terbesar pada balita. Diare adalah gejala buang air besar ( BAB ) dalam bentuk cairan yang lebih dari empat kali dalam satu hari dan biasanya berlangsung selama dua hari atau lebih. Diare bukanlah penyakit yang timbul dengan sendirinya tetapi ada yang menjadi pemicu terjadinya penyakit ini, diare merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Hal ini dapat terjadi karena virus dan bakteri mengkontaminasi makanan dan minuman sehingga terjadi infeksi terhadap sitem pencernaan.

Penyakit ini dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi dengan frekuensi buang air besar yang berlebihan sehingga tubuh menjadi kehilangan cairan. Apabila penderita diare banyak sekali kehilangan cairan dan tidak segera dilakukan perawatan, maka akan menyebabkan kematian, karena cairan dalam tubuh akan banyak keluar bersama dengan tinja sehingga organ di dalam tubuh kesulitan melakukan metabolisme. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya diare yaitu infeksi oleh bakteri atau virus karena adanya kontaminasi dengan makanan atau minuman, infeksi oleh bakteri atau virus yang menyertai penyakit lain yang sedang diderita seperti, radang tenggorokan, campak dan malaria, alergi terhadap makanan dan minuman tertentu seperti susu, infeksi pada usus hingga terjadi peradangan, tangan yang tidak dicuci bersih setelah membilas tinja sehingga tangan tersebut mengkotaminasi makanan, minuman atau benda lainnya.

Orang tua sering terlalu cemas dan panik jika anaknya terkena diare. Pertolongan pertama penyakit yang disebabkan oleh virus iniĀ  yang adalah dengan memberikan larutan oralit, caranya adalah dengan menyiapakan larutan oralit yang dicampur dengan air hangat kemudian ditambahkan 3 sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam dapur lalu diminum sedikit demi sedikit sesering mungkin, lalu segeralah bawa ke dokter. Jika bayi menderita diare, berikan ASI secara teratur namun jika hendak memberikan ASI harus menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Para orangtua juga harus mengupayakan agar anak-anak makan dengan menu 4 sehat 5 sempurna.