Tes Kreatinine Untuk Antisipasi Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya

Tes Kreatinine Untuk Antisipasi Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya

Penyakit ginjal termasuk salah satu penyakit yang harus diwaspadai karena dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal secara permanen sehingga harus dilakukan perawatan ekstra agar ginjal tetap dapat berfungsi. Jika Anda mengetahui jenis penyakit ginjal dan penyebabnya, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, menghindari merokok dan alkohol, berolahraga dengan teratur. Untuk dapat mengetahui kesehatan ginjal, Anda dapat melakukan tes kreatinine.

Setelah mengetahui jenis penyakit ginjal dan apa penyebabnya, Anda dapat melakukan tes kratinine sehingga Anda dapat mengetahui kadar zat sisa kreatinine yang tidak terpakai dalam darah dan urin dan dapat mengetahui baik tidaknya kerja ginjal. Terdapat 3 tipe tes kreatine :

  1. Tes kadar kreatinine dalam darah dan biasanya pria memiliki kadar kreatin lebih tinggi dibandingkan perempuan.
  2. Tes kadar pembersihan kreatinine yang dilakukan pada darah dan urin dalam jangka waktu 24 jam.
  3. Rasio antara urea nitrogen darah dan kreatinine sehingga dapat membantu dokter untuk mengetahui kemungkinan masalah yang menyebabkan kadar urea nitrogen dan kreatinine meninggi.

Tes ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah kinerja ginjal Anda normal terutama untuk ibu hamil, dengan melakukan tes ini dalam amniotic fluid, Anda dapat melihat perkembangan ginjal pada janin Anda sehingga dapat menghindari kemungkinan prematur dan kurang sempurnanya ginjal dalam tubuh. Dengan tes kreatinine, Anda juga dapat mengetahui ada atau tidaknya penyakit dalam ginjal, kinerja ginjal terutama bagi Anda yang mengkonsumsi obat yang dapat merusak ginjal misalnya obat anti-inflamasi serta membantu mengecek dehidrasi.

Untuk mengetahui penyakit ginjal dan penyebabnya misalnya karena obat tertentu, sebelum terlambat, dalam penggunaan tes ini, terdapat range normal untuk tes darah kreatinine dan juga untuk tes pembersihan kreatinine, yaitu :

  1. Tes darah kreatinine (dalam miligrams per deciliter atau mg/dL): bagi pria sekitar 0.6-1.12 mg/dL atau sekitar 71-106 mcmol/L (micromoles per liter). Bagi perempuan sekitar 0.4-1.0 mg/dL atau sekitar 36-90 mcmol/L.
  2. Tes pembersihan kreatine untuk orang berusia dibawah 40 tahun, bagi pria sekitar 107-139 mL/min (milimeters per menit) dan perempuan 87-107 mL/min
  3. Rasio BUN-kreatinine sekitar 10:1-20:1