pertumbuhan anak

Ciri Anak Bergizi Baik

Selain dari memperhatikan perilaku anak dalam tahap pertumbuhannya, pertumbuhan anak yang baik dan juga sehat salah satunya didukung dengan asupan gizi yang baik dan seimbang. Nah, berikut beberapa tanda anak yang bergizi baik, diantaranya :

Pertama wajah ceria, bibir segar, dan mata bening.  Anak yang bergizi baik, fisiknya terlihat segar, seperti kulit wajah lembut, mata yang bening, bibir yang segar serta keadaannya selalu ceria. Selain itu, anak yang bergizi baik mudah beradaptasi dengan lingkungannya, tidak mudah marah, dan tidak pemalu. Semua itu berkaitan dengan asupan dan kecukupan gizi dari vitamin A, vitamin C, vitamin E dan juga mineral seng.

Kedua gigi bersih dan gusi berwarna merah muda. Gigi bersih dan gusi berwarna merah muda, berkaitan dengan asupan gizi yang berkecukupan yaitu asam folat, asam niasin, riboflavin dan vitamin B12. Asupan gizi tersebut akan membuat gigi yang kuat, dan juga bersih. Serta warna gusi merah muda yang mengkilap dan juga tidak berdarah.

Ketiga bertambah berat dan bertambah tinggi. Sesuai umur anak yang akan bertambah, pertambahan berat badan dan tinggi badan anak yang sehat akan sesuai atau seimbang dengan bertambahnya umur mereka.  Tidak terlalu gemuk atau tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu pendek merupakan salah satu ciri anak dengan asupan gizi yang baik.

Keempat rambut berkilau dan juga kuat. Asupan gizi yang membantu rambut berkilau dan juga kuat bagi anak yaitu seperti asupan gizi vitamin C dan vitamin D. Vitamin tersebut membantu agar rambut tidak rontok, tidak terlalu tipis dan juga tidak kusam.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi ciri anak yang bergizi baik seperti postur tubuh tegap dan otot padat yang berkaitan dengan asupan gizi vitamin D dan kalsium. Kemudian nafsu makan baik dan BAB teratur, hal ini berkaitan dengan asupan gizi mineral zinc dan kalsium. Lalu, penuh perhatian dan bereaksi aktif, hal ini berkaitan dengan kecukupan nutrisi makro dan mikro. Asupan gizi yang seimbang yang diberikan dapat menunjang pertumbuhan anak yang lebih baik.