cara mengatasi penyebab penyakit alergi kulit

Alergi Kulit Menyerang, Ini Cara Mengatasinya

Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang keberadaannya langsung bersinggungan dengan orang lain. Memiliki kulit yang sehat akan membuat Anda tampil menarik dan percaya diri setiap saat. Ketika kesehatan kulit Anda mulai terganggu karena alergi, maka ruam-ruam yang muncul di kulit akan mungkin membuat Anda menjadi merasa minder.

Jadi bagaimana cara mengatasi alergi kulit yang benar?

Kenali Penyebab Alergi Kulit

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan alergi kulit. Dengan mengenal faktor-faktor tersebut, barulah Anda bisa memilih cara mengatasi alergi kulit yang paling tepat. Beberapa faktor pencetus alergi kulit antara lain adalah alergi terhadap suatu jenis obat, sengatan hewan atau racun tanaman, bahan parfum, alergi perhiasan, serta sensitivitas terhadap bahan makanan tertentu.

Gejala Alergi Kulit

Gejala alergi kulit biasanya paling mudah dikenali diantara sekian banyak penyakit kulit lainnya. Kulit yang berubah warna menjadi kemerahan disertai rasa gatal yang hebat adalah salah satu tandanya. Di samping itu, beberapa orang juga sering mengalami bengkak hebat pada bagian kulit yang sedang mengalami reaksi alergi. Sesungguhnya, ketika kulit menunjukkan gejala alergi, saat itu tubuh sedang berusaha mengatasi reaksi terhadap penyebab alergi melalui antibodi.

Cara Cepat Mengatasi Alergi Kulit

Jika kulit Anda terlanjur terkena serangan alergi kulit yang hebat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi alergi tersebut. Beberapa cara alami untuk mengatasi alergi kulit ini bisa Anda praktikkan sebelum mengunjungi tim medis yang biasanya membantu Anda merawat kulit. Beberapa cara mengatasi alergi kulit tersebut adalah sebagai berikut:

  • Rendamlah bagian tubuh yang mengalami alergi pada campuran air hangat dan oatmeal. Biasanya oatmeal memiliki manfaat yang baik untuk mengurangi radang pada kulit yang sedang alergi.
  • Mengompres kulit yang sedang alergi dengan menggunakan air dingin juga bisa menjadi alternatif cara mengatasi alergi kulit yang mudah. Gunakan kain bersih yang lembut dan sudah direndam di air dingin sambil menepuk-nepuk bagian kulit yang alergi.
  • Gunakan pakaian yang ukurannya lebih longgar. Mengenakan pakaian ketat saat kulit sedang alergi dapat memperparah alergi kulit dan menyebabkan iritasin.

Walaupun Anda sudah berhasil mengurangi efek alergi kulit dengan cara alami tersebut, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan tim medis. Karena, nantinya tim medis kepercayaan Anda akan memberikan saran dan tindakan yang tepat untuk mengobati alergi kulit tersebut. Tampil prima dengan kulit sehat yang menawan akan menjadi hak semua orang, termasuk Anda!