Asuransi kesehatan bagi masyarakat dan keluarga

3 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Asuransi Kesehatan

Asuransi kini makin beragam saja jenisnya, mulai dari asuransi kesehatan, pendidikan, sampai kendaraan. Manfaat asuransi bagi masyarakat memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan hanya membayar premi setiap bulan, Anda bisa terbantu dalam hal biaya saat sedang menghadapi suatu kondisi tertentu yang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya besar.

Salah satu asuransi yang wajib diasurmiliki setiap orang adalah asuransi kesehatan. Kita tidak pernah tahu kapan kita mengalami penyakit parah yang bisa membuat kita kehilangan banyak uang. Sayangnya, belakangan ini biaya obat-obatan dan rumah sakit bertambah mahal yang mengakibatkan naiknya biaya asuransi kesehatan. Banyak orang yang menjadikan hal ini alasan untuk tidak mengambil asuransi kesehatan. Padahal itu merupakan keputusan yang salah.

Jika perusahaan tenpat Anda bekerja tidak menyediakan asuransi kesehatan karyawan dan biaya premi asuransi kesehatan di perusahaan asuransi swasta terlalu mahal untuk Anda, kenapa tidak memanfaatkan BPJS kesehatan dari pemerintah yang sedang marak dipromosikan belakangan ini? Dengan begitu, kesehatan keluarga Anda bisa terjamin dengan baik. Lalu, sebenarnya apa yang membuat asuransi kesehatan begitu penting untuk dimiliki setiap orang? Simak 3 alasan berikut ini!

1. Tingginya Biaya Kesehatan
Jika Anda tidak memiliki asuransi kesehatan, Anda akan terjerumus dalam besarnya tagihan rumah sakit saat Anda memerlukan penanganan medis. Pada sebagian orang, biaya besar rumah sakit ini bisa membuat mereka berhutang ke mana-mana atau mungkin menyebabkan kebangkrutan. Dengan memiliki asuransi kesehatan seperti BPJS kesehatan, hal seperti ini bisa dihindari. Asuransi Anda akan menanggung biaya pengobatan rumah sakit, bisa seluruh biaya atau hanya sebagian, tergantung pada kategori asuransi kesehatan apa yang Anda pilih.

2. Dapat Memilih Jenis Asuransi Kesehatan dengan Biaya Rendah
Sebenarnya tidak semua asuransi kesehatan mengharuskan Anda mengeluarkan biaya besar setiap bulan. Ada banyak jenis yang bisa Anda pilih. Bila Anda masih muda dan tidak memiliki kondisi kesehatan yang berisiko, bukan tidak mungkin Anda bisa memilih jenis asuransi dengan premi yang lebih rendah. Ada pula jenis asuransi kesehatan untuk Anda yang sudah lanjut usia atau untuk Anda yang sudah berkeluarga. Anda hanya harus lebih teliti mencari dan memilih jenis asuransi kesehatan sesuai kebutuhan dan budget Anda.

3. Mendorong Anda untuk Hidup Lebih Sehat
Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda akan semakin terdorong untuk memiliki gaya hidup sehat. Anda akan lebih sering memeriksakan diri Anda ke dokter apabila ada tanda-tanda penyakit yang mungkin Anda idap. Hal ini karena Anda tidak lagi memusingkan biaya kesehatan saat berkunjung ke dokter karena sudah ditanggung asuransi. Dengan begitu, kondisi kesehatan tubuh Anda akan terkontrol dengan baik dan dapat cepat ditangani bila ada sesuatu yang salah.

Nah, sungguh krusial bukan manfaat asuransi dalam kehidupan masyarakat seperti yang dijelaskan di atas? Jadi kalau sampai sekarang Anda masih belum memiliki asuransi kesehatan, segera luangkan waktu untuk mengurus BPJS Kesehatan yang telah disediakan pemerintah. Kesehatan Anda tetap bisa terjamin dengan membayar iuran yang terbilang rendah.

Sources:
● icanbenefit.com/reasons-why-you-need-health-insurance
● mamashealth.com/topten/hinsurance.asp
● finance.detik.com/read/2013/12/31/165225/2455318/5/3/berikut-keuntungan-jadi-peserta-bpjs-kesehatan