Faktor Pendukung Pembiasaan Hidup Sehat Pada Anak dengan mengajarkan cara cuci tangan

Pembiasaan hidup sehat pada anak sejak dini sangat perlu diterapkan, hal ini mengingat begitu banyaknya penyakit yang menyerang pada anak dan dewasa sekarang ini. Penyakit yang disebabkan oleh virus serta bakteri haruslah dicegah sejak dini, yaitu dengan penanaman sikap hidup sehat pada anak-anak seperti mengajarkan cara cuci tangan yang benar, pentingnya kebersihan lingkungan kamar dan rumah, serta cara memilih makanan yang menyehatkan.

Bukan hanya sekedar memberitahu cara serta mengenalkan saja dalam pendidikan kesehatan pada anak. Akan tetapi, sebagai orang tua seharusnya menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya, seperti tidak merokok, selalu memberi contoh membersihkan rumah, membersihkan kamar, cara cuci tangan yang benar sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan setelah memegang benda yang kotor, serta membiasakan diri beraktivitas yang produktif serta menyehatkan.

Selain mengenalkan dan mencontohkan, orang tua juga harus mengajaknya serta membimbing dengan cara yang tepat. Jauhkan dari sikap melarang atau juga memerintah karena anak-anak akan berontak dan membuat kita kesal. Terapkan sikap mengajak karena dengan sikap seperti itu, anak-anak akan termotivasi dan senang. Bila diperlukan, selingi dengan candaan dan juga permainan supaya anak-anak lebih semangat serta ingin mengulang lagi kegiatan yang sama. Dengan begitu, maka tugas orang tua akan mudah dan anak menjadi lebih teliti dan respon terhadap kesehatan pribadinya.

Bukan hanya orang tua yang berperan dalam pendidikan kesehatan anak, akan tetapi gurunya di sekolah pun juga harus turut berperan, bahkan lingkungan juga sangat mendukung sekali terhadap sikap dan pembiasaan hidup sehat yang telah diterapka oleh orang tua. Oleh sebab itu, diperlukannya dukunga dari berbagai pihak demi terwujudnya sikap peduli terhadap kesehatan di masyarakat pada umumnya.