cara mencegah penyakit diabetes

Penyebab dan Gejala Penyakit TBC? Inilah yang Harus Diwaspadai!

Pernah mendengar tentang penyakit TBC?
Penyakit TBC atau tuberculosis memang bukan penyakit yang asing bagi masyarakat Indonesia. Padahal gejala TBC yang kerap kali disepelekan ternyata berisiko menimbulkan gangguan kesehatan paru-paru yang lebih serius lagi. Agar Anda bisa lebih waspada dan bisa menghindar dari serangan penyakit TBC, tentu akan lebih baik bila Anda mengetahui informasi mengenai penyebab dan gejala penyakit TBC berikut ini:

Apa yang Menjadi Penyebab TBC?
Penyakit TBC merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, yaitu bakteri dari jenis Mycobacterium tuberculosis. Infeksi TBC yang menjangkiti seseorang bisa ditularkan oleh orang lain melalui kontak udara misalnya bersin, berbicara, meludah, tertawa bersama penderita TBC, bernyanyi atau berbagai kegiatan lainnya yang melibatkan kontak udara.

Kendati merupakan penyakit menular, penyakit TBC tidak rentan ditularkan oleh orang asing, dan peluang terkena bakteri TBC lebih besar bila kita bergaul secara intens dengan para penderitanya. Jadi, jika anggota keluarga, sahabat atau rekan kantor kita terjangkit penyakit TBC, maka peluang penyakit TBC akan menyerang kesehatan kita menjadi lebih besar.

Tentang Gejala Penyakit TBC
Bakteri TBC yang menyerang paru-paru bisa menyebabkan beragam gejala TBC, kerusakan organ-organ sistem pernapasan serta beragam gangguan kesehatan lainnya. Gejala TBC yang paling sering dialami oleh para penderita adalah penyakit batuk yang berlangsung lebih dari 2 minggu, rasa sakit pada dada, serta batuk yang mengeluarkan darah dan dahak.

Disamping itu, penderita TBC juga menjadi lebih mudah lelah, kehilangan berat badan secara drastis, kurang nafsu makan dan mudah berkeringat di malam hari. Penanganan medis bagi para penderita TBC secara intensif tentu dapat meminimalkan risiko kerusakan pada organ-organ pernapasan.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit TBC?
Pencegahan penyakit TBC sebenarnya bukan hal yang sulit. Salah satu caranya adalah dengan melakukan cek up kesehatan secara rutin dan berkala. Cek up kesehatan tentu mampu mendeteksi peluang terjadinya penyakit TBC sejak dini. Sementara itu cara efektif lainnya yang juga dapat mencegah penyebaran penyakit TBC adalah membiasakan diri untuk tidak meminjam alat-alat pribadi milik orang lain (misalnya saputangan atau microphone) yang berisiko menjadi sarana penularan penyakit diabetes.

Ajaklah seluruh anggota keluarga dan sahabat-sahabat Anda untuk mulai hidup sehat, sehingga risiko penularan penyakit TBC bisa diminimalkan. Tentu saja akan lebih baik bila mencegah daripada mengobati penyakit.