Benjolan pada telinga ? Ini penyebabnya

Di belakang telinga umumnya nampak tonjolan memiliki ukuran besar atau kecil. Pemicunya mungkin saja dapat beberapa macam dari masalah yang enteng sampai yang memerlukan pertolongan medis. Di bawah ini sebagian pemicu timbulnya tonjolan di belakang telinga :
Pembengkakan Kelenjar Nodes 
Timbulnya tonjolan di belakang telinga biasanya dikarenakan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terdapat di bagian-bagian badan, diantaranya leher, pangkal paha, ketiak, panggul serta perut. Kelenjar ini mempunyai system kekeblan badan serta melawan infeksi dan buang sampah sel dari badan.
Pembesaran getah bening di belakang leher umumnya dikarenakan infeksi luka serta abses gigi. Umumnya keadaan ini bukanlah hal yang serius, tetapi dalam sebagian masalah pembengkakan kelenjar getah bening memerlukan perawatan medis apabila tak mereda dalam sekian hari.
Kista sebasea 
Tonjolan di belakang telinga dapat juga dikarenakan oleh kista sebasea. Kista ini memiliki kandungan protein keratin yang berbau busuk. Pemicunya, pembengkakan folikel rambut atau trauma kulit. Kista type ini umumnya dapat menghilang sendiri serta tak memerlukan penyembuhan. Namun, bila kista terinfeksi jadi dapat mengakibatkan abses yang menyebabkan inflamasi serta pasien mesti selekasnya diobati.
Mastoiditis 
Sisi belakang telinga ada tulang mastoid. Infeksi pada tulang mastoid disebabkan mostoiditis mengakibatkan daerah di belakang telinga membengkak serta menonjol dari kulit. Umumnya tonjolan dibarengi nyeri telinga, demam, berkuarangnya pendengaran, serta kemerahan pada telinga.
Pemicu Serius Tonjolan belakang Telinga 
Sebagian tonjolan di telinga tunjukkan keadaan yang serius pada kesehatan Anda. Pemicu yang paling mengerikan yaitu kanker. Umpamanya tonjolan yang dikarenakan oleh kanker kepala serta leher dibarengi dengan sakit tenggorokan, susah menelan, serta suaraserak. Kadang-kadang kanker kelenjar ludah dapat juga menyebabkan timbulnya tonjolan di belakang telinga. Keadaan ini dimaksud dengan kanker lehar metastatik skuamosa.