Cara merawat gigi dan mulut yang benar

Anda pasti lebih suka lihat seorang yang tersenyum dari pada seorang yang muram. Senyuman memanglah adalah daya tarik yang bisa bikin seorang jadi tambah manis serta gampang didekati. Saat seorang tersenyum, sisi yang bakal tampak yaitu gigi, jadi utama untuk melindungi kesehatan gigi supaya terus putih, gigi tak berlubang serta tersusun rapi. Terkecuali menjaga gigi, janganlah lupa untuk melindungi kesehatan mulut serta lidah supaya tak menyebabkan bau mulut.

Menjaga Gigi Sehat

Apa sajakah yang butuh dikerjakan untuk melindungi kesehatan gigi serta mulut? Di bawah ini panduan menjaga gigi serta mulut supaya terus sehat serta indah :

Tentukan Dental Floss, Jauhi Tusuk Gigi

Usai nikmati makanan, umumnya ada beberapa makanan yang menghuni celah-celah gigi. Situasi ini bisa mengganggu apabila dilewatkan terlampau lama bisa mengakibatkan gigi rusak. Untuk mengeluarkannya, pakai dental floss (benang gigi) dari pada memakai tusuk gigi. Dental floss bakal meminimalisir terjadinya gesekan serta benturan pada gigi serta gusi. Demikian sebaliknya pemakaian tusuk gigi sangat mungkin terjadinya pergeseran gigi serta melukai gusi hingga bikin gusi berdarah serta infeksi.

Menyikat dengan Benar

Bagaimanakah tehnik menyikat gigi yang benar?
Sikat dengan desakan enteng. Menghimpit terlampau keras pada gigi bakal mengakibatkan kerusakan gigi serta gusi. Gusi bakal gampang berdarah serta peka diserang infeksi. Lantaran punya masalah, gusi jadi tak prima untuk menyokong gigi serta dapat menyebabkan kerusak gigi atau gigi jadi tanggal.
Arah sikatan yang benar. Arah menyikat gigi yang benar yaitu vertikal satu arah dari pangkal ke ujung gigi. Maksudnya yaitu supaya bekas makanan di sela gigi bisa tersapu keluar serta perbatasan gusi-gigi tak terkikis. Arah sikatan untuk gigi geraham yaitu sikat permukaan kunyah dengan gerakan ke kanan-kiri spt menyapu atau gerakan melingkat.
Durasi saat menyikat gigi yang ideal yaitu 2-3 menit. Bila terlampau cepat, gigi bakal kurang bersih namun bila terlampau lama bisa mengikis e-mail gigi serta menghematasi gusi.
Pakai sikat gigi berbulu lembut. Bulu sikat yang keras serta kaku bakal mengakibatkan kerusakan e-mail gigii. Yakinkan bulu sikat rapi serta tak keluar dari barisan.
Tentukan sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil. Ukuran kepala sikat yang sesuai sama rahang bakal bikin gigi lebih bersih lantaran bisa menjangkau sisi terdalam gigi.

Saat yang Pas untuk Menyikat Gigi

Saat menyikat gigi yang disarankan yaitu pagi setelah sarapan serta malam saat sebelum tidur, lantaran ketika tidur, tak ada produksi ludah. Mengakibatkan, bila ada bekas makanan, bakal bikin bakteri serta kuman aktif. Bekas makanan yang memiliki kandungan asam serta gula bakal melemahkan enamel gigi serta tingkatkan resiko gigi berlubang.

Berkumur dengan Mouthwash

Usai menyikat gigi, kompliti dengan berkumur dengan mouthwash yang memiliki kandungan antiseptik. Ini bermanfaat membuat perlindungan gigi dari plak. Pada mulut yang tengah alami permasalahan, umpamanya luka pada gusi bisa memakai mouthwash yang memiliki kandungan antibiotik.

Kerok Lidah

Permukaan lidah berupa seperti “bukit lembah” yang bermakna ada celah-celah pada permukaan lidah yang butuh dibikin bersih. Kototran tak hilang bila dengan berkumur. Langkah membersihkannya yaitu dengan mengerok permukaan lidah memakai sikat gigi atau alat spesial untuk mengerok lidah.

Kunyah Permen Karet

Kunyah permen karet bermanfaat untuk self cleansing pada gigi. Permen karet bisa bersihkan bekas makanan serta plak pada permukaan gigi. Kunyahan permen karet bakal merangsang peningkkatan produksi saliva hingga mulut jadi tak kering serta bau mulut menyusut, Walaupun bermanfaat, namun kandungan gula pada permen karet bisa mengakibatkan kerusakan gigi, jadi janganlah lupa menggosok-gosok gigi sesudah mengunyahnya.

Batasi Mengkonsumsi Gula serta Asam

Sebisa mungkin saja, batasi makanan serta minuman yang memiliki kandungan gula serta asam seperti permen, cokelat, atau soft drink. Karbohidrat simpel yang terdapat di dalamnya sangatlah disenangi bakteri. Bakteri bakal bikin plak yang bakal merubah gula jadi asam. Asam bisa mengikis enamel gigi serta bikin gigi berlubang. Bakal sangatlah baik, bila sesudah konsumsi gula atau asam, luangkan saat untuk menyikat gigi.

Batasi Wine, Kopi serta Teh

Kandungan tannin yang terdapat pada teh serta kopi dapat merubah warna susunan luar gigi atau enamel. Pewarna pada minuman berwarna lain, seperti wine, sirup atau minuman bersoda dapat juga menyebabkan noda pada gigi.
Noda bakal gampang terbentuk pada permukaan gigi yang kasar yang karena sebab plak atau anatomi gigi yg tidak rata. Pencegahannya yaitu minum memakai sedotan serta batasi mengkonsumsi sejumlah 1-2 cangkir satu hari.

Tak Merokok

Ketika menghisap rokok, asap rokok serta jutaan zat kimia lain yang ada pada sebatang rokok bakal masuk dalam mulut serta merubah jaringan serta organ yang ada pada mulut, termasuk juga gigi.
Asap panas rokok akan kurangi produksi ludah yang mengakibatkan bau mulut, mengakibatkan mulut jadi kering serta jadikan keadaan mulut jadi tempat yang nyaman untuk berkembangbiaknya bakteri.
Dampak lain dari merokok yakni :
Pergantian warna gusi, gigi serta bibir jadi lebih gelap
Karies gigi gampang terbentuk
Tingkatkan resiko kanker mulut
Mulut jadi beraroma rokok

Pemakaian Pemutih Gigi

Dampak negatif, dari pemakaian pemutih gigi yaitu gusi jadi lebih peka. Jadi, bila mau lakukan pemutihan gigi, teliti apakah gusi Anda sehat serta aman untuk lakukan prosedur itu.
Pemutih gigi yang ada di market seperti pemutih pada odol, strip atau kuas bisa dipakai bila kandungannya di bawah 3% serta kandungan pemutih bernama hydrogen peroksida. Cermat juga apakah product itu mempunyai izin dari tubuh kesehatan.

Periksakan Gigi

Sakit atau tak, baiknya Anda teratur berkunjung ke dokter gigi 6 bln. sekali. Maksudnya yaitu untuk mengecek kesehatan gigi serta mulut. Bila tak ada permasalahan, Anda bisa bersihkan karang gigi.