Upaya pencegahan infeksi

Pencegahan Infeksi

Penyakit infeksi memang merupakan penyakit yang bisa paling mematikan dan terkadang susah diketahui. Banyak sekali contoh dari penyakit infeksi yang berbahaya dan sudah sering terkena ke masyarakat di Indonesia. Penyakit-penyakit itu antara lain adalah seperti demam berdarah, diare, flu burung, malaria, hepatitis, polio, dan tuberkolosis. Penyakit-penyakit seperti itu sebenarnya bisa diatasi jika pencegahan infeksi dilakukan lebih dini dengan melakukan langkah – langkah berikut ini :

Pertama, rajin cuci tangan. Dengan melakukan cuci tangan akan membantu menghilangkan kuman yang menempel di tangan anda. Namun mencuci tangan tidak bisa hanya dengan air saja, harus menggunakan sabun antibakterial seperti lifeboy. Kini lifeboy hadir dengan produk clini-shield 10 yang mampu menghilangkan kuman yang menempel di tangan dan juga menangkal kuman yang akan hinggap. Biasanya kuman akan menempel di tangan saat anda bersentuhan dengan binatang, tempat kotor, ataupun benda – benda yang kurang terjaga kebersihannya. Biasakan selalu cuci tangan sehabis beraktivitas, memegang binatang, dan juga sebelum dan sesudah makan. Kenapa mencuci tangan yang pertama dalam pencegahan infeksi karena kebanyakan penyakit berawal dari kuman yang menempel di tangan dan masuk ke tubuh melalui makanan yang kita pegang. Maka dari itu perlu mencuci tangan terlebih dahulu.

Kedua, makan makanan yang higienis. Makanan yang tidak higienis berpotensi untuk membuat pencernaan terkena infeksi karena bakteri atau virus berbahaya. Makanlah makanan yang memang terjaga kualitasnya. Selain itu lalat yang menghampiri makanan dan mengenai makanan bisa saja makanan tersebut sudah mengandung virus. Karena kita tidak tahu asal lalat tersebut dari mana. Perlunya menutup makanan dengan penutup agar tetap terlindungi dari hinggapan lalat.

Ketiga, bagi yang memelihara hewan untuk lebih menjaga kebersihan dan kesehatan hewan yang anda miliki. Seperti dengan menjaga kebersihan kandangnya dengan membersihkan kotorannya. Lalu memberikan imunisasi untuk hewan agar tidak mudah terkena virus. Karena bisa saja virus berasal dari kotoran hewan yang tidak dibersihkan dan menempel di hewan. Yang akibatnya akan menimbulkan penyakit di hewan anda dan diri anda sendiri.

Itulah beberapa upaya pencegahan infeksi yang bisa saya berikan, semoga bisa menambah wawasan anda untuk tetap sehat sejahtera.