Fakta-fakta Terkait Kulit Wajah Kering

kulit wajah keringSemua orang pasti ingin memiliki kulit wajah yang lembab dan sehat. Memiliki masalah pada kulit termasuk kulit wajah kering tentu akan sangat mengganggu penampilan karena kulit menjadi terlihat pecah-pecah, mengelupas dan terkadang pada kondisi tertentu dapat menimbulkan rasa sakit dan warna kemerahan. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait masalah kulit yang satu ini, berikut beberapa fakta menarik yang akan kami berikan untuk Anda.

  1. Kulit kering adalah sebuah kondisi dimana terjadi kekurangan jumlah air yang optimal pada permukaan kulit paling luar, yaitu epidermis, Normalnya, epidermis terdiri dari protein dan lemak dan lemak sendiri berfungsi untuk mencegah kulit mengalami dehidrasi. Ketika minyak lemak di lapisan epidermis hilang, maka kulit tidak lagi memiliki pelindung dan rentan mengalami kekeringan.
  2. Kulit kering dapat terjadi baik pada wanita maupun pria. Akan tetapi, semakin bertambah usia akan semakin bertambah juga resiko mengalami kulit kering. Sebab secara alami kandungan lemak dan lubrikan pada lapisan epidermis di permukaan kulit akan berkurang seiring pertambahan usia. Tanda awal kulit wajah kering saat bertambahnya usia adalah mulai muncul kerutan halus pada bagian dahi, ujung mata dan sekitar mulut.
  3. Kulit wajah dan tubuh yang kering sangat tergantung pada kondisi lingkungan. Jika lingkungan udara memiliki tingkat kelembaban yang rendah, air pada lapisan epidermis kulit lebih rentan mengalami penguapan dan kulit menjadi kering. Lingkungan dengan tingkat kelembaban rendah antara lain saat udara sangat dingin atau sangat panas.
  4. Menjaga konsumsi air mineral 2 liter per hari dapat sangat membantu menjaga agar kulit kering pada wajah tidak menjadi masalah yang mengganggu Anda. Walaupun tidak sedang haus, tetap konsumsi air dalam jumlah cukup. Karena rasa haus sendiri merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh sudah mengalami dehidrasi.
  5. Pelembab sangat dianjurkan untuk digunakan. Sebab kandungannya mampu melapisi lapisan epidermis kulit dan melindungi air dan minyak alami pada kulit agar tidak mudah menguap dan hilang. Pelembab dapat menjadi pelindung kulit dari bagian luar sehingga kulit tidak mudah kering.