6 Langkah Cara Cuci Tangan yang Benar Menurut WHO!

cara cuci tangan

Terbiasa melakukan cara cuci tangan yang benar akan membantu kita menjaga kesehatan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Tanpa kita sadari ternyata setiap barang atau apapun yang kita sentuh. Menjadi media perpindahan kuman dan bakteri ke tubuh, apabila tangan digunakan untuk makan, menggaruk kulit, dll. Maka kuman dan bakteri yang berpindah tadi akan bisa masuk ke tubuh kita dengan mudah.

Kegiatan mencuci tangan terlebih menggunakan sabun khusus akan membantu membunuh bakteri atau kuman yang melekat. Berikut 6 langkah tips cuci tangan yang benar berdasarkan informasi WHO:

  1. Membasuh kedua telapak tangan dengan air mengalir,
  2. Ratakan sabun pada kedua telapak dan punggung tangan,
  3. Gosok sela jari dengan tangan sebelahnya bergantian,
  4. Gosok telapak dan punggung tangan dengan gerakan memutar,
  5. Bilas dengan menggunakan air mengalir,
  6. Keringkan tangan dengan handuk bersih.

Kegiatan mencuci tangan ini sebaiknya dilakukan usai kita melakukan pergantian aktifitas atau hendak makan. Sehingga kuman dan bakteri yang menempel pada tangan tidak akan sempat berpindah ke dalam tubuh. Mencuci tangan yang baik sebaiknya menggunakan sabun cuci tangan atau sabun kesehatan. Jangan hanya sekedar membasuh tangan dengan air yang mengalir sebab kuman dan bakteri akan tetap hidup dan bisa bergerak. Jangan remehkan cara cuci tangan yang benar agar tubuh tetap sehat dan bisa beraktifitas normal.