Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Balita

menghilangkan biang keringat

Gangguan kesehatan memang banyak terjadi pada bayi hingga ia beranjak kepada usia yang lebih tua sedikit yang dikatakan sebagai balita. pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang gangguan kesehatan kulit yaitu biang keringat. Dari namanya saja sudah sangat terlihat jelas bahwa ini merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh keringat. Sacara medis dijelaskan bahwa penyebab biang keringat adalah tersumbatnya kelenjar keringat pada permukaan kulit. Jika dibandingkan dengan orang dewasa, bayi atau balita masih belum bisa berfungsi sempurna kelenjar keringatnya, maka dari itu banyak balita yang terkena biang keringat ini. sebagai ibu yang sayang dan cinta kepada anaknya sudah seharusnya membantunya dalam menghilangkan biang keringat ini.

Gejala yang timbul biasanya seperti bintik – bintik kecil berwarna merah yang kadang – kadang berisi air. Selain itu juga anak akan terasa terganggu dengan munculnya bintik – bintik ini karena bintik – bintik ini sangat terasa gatal dan menganggu aktivitasnya. Biasanya biang keringat ini akan bermunculan di bagian tubuh yang paling banyak berkeringat dan juga yang terlipat seperti pada ketiak, lipatan siku, paha, dan lain – lain.

Namun anda jangan khawatir jika balita anda terkena biang keringat. Anda hanya perlu melakukan beberapa cara menghilangkannya dan cara mencegahnya datang kembali. Cara mengatasinya yang pertama adalah dengan menggunakan bedak dingin, lotion, atau salep yang mengandung zinc oxide. Kedua adalah dengan memberikan balita anda air putih yang cukup untuk menetralkan suhu tubuh. Dan ketiga adalah dengan cara mandi secara teratur setiap harinya menggunakan sabun yang berkualitas. Saya sarankan menggunakan sabun mandi lifebuoy. karena sabun dari lifebuoy sangat ampuh menghilangkan kotoran yang menempel dan juga dapat menghilangkan biang keringat.

Untuk pencegahan, gunakan pakaian dengan bahan yang bisa menyerap keringat seperti kain katun. Jangan memakaikan anak anda pakaian yang terlalu ketak. Selain itu juga perhatikan sirkulasi udara yang ada pada ruangan anda. jika tidak menggunakan AC sebaiknya atur dengan baik ventilasi anda agar angin tetap dapat masuk dan menyejukkan ruangan anda. semoga bermanfaat.